Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Naik Ring Dapat Rp 141 M, Tyson akan Donasi ke Lembaga Amal

Jumat 27 Nov 2020 10:11 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Mike Tyson Undisputed Truth

Mike Tyson Undisputed Truth

Foto: HBO
Melawan Roy Jones Jr, Tyson dikabarkan bakal mendapatkan penghasilan Rp 141 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson, dikabarkan bakal mendapatkan penghasilan mencapai 10 juta dolar AS (Rp 141 miliar) dari pertarungannya dengan mantan juara kelas dunia di empat kelas berbeda, Roy Jones Jr.

Rencananya, duel dua legenda tinju dunia ini bakal digelar di Staples Center, Los Angeles, Kalifornia, Sabtu (28/11) waktu setempat. Kendati begitu, Tyson menegaskan, semua uang yang bakal diterimanya dari duel tersebut tidak akan masuk ke kantong pribadinya.

Gelontoran uang itu sepenuhnya disumbangan mantan petinju berjuluk The Iron Mike ke sejumlah lembaga awal. Tyson pun menyebut, keinginannya untuk kembali ke ring tinju bukan semata-mata karena alasan kesulitan ekonomi.

''Semua uang itu akan disalurkan ke berbagai lembaga amal. Tidak ada yang perlu khawatir soal apakah saya akan mendapatkan keuntungan dari duel itu, atau berkata, saya kembali ke ring tinju karena membutuhkan uang."

Saya tidak akan mendapatkan apapun dari pertarungan itu. Saya hanya akan mendapatkan rasa puas, karena saya bisa melakukannya,'' tutur Tyson kepada TMZ Sports seperti dilansir Talk Sports, Kamis (26/11).

Masalah kesulitan keuangan memang sempat membelit Tyson. Mantan petinju berusia 54 tahun itu bahkan sempat dinyatakan bangkrut pada 2003 dan terbelit hutang mencapai 23 juta dolar AS (Rp 324 miliar).

Padahal, seperti dilansir Forbes, di sepanjang karier profesionalnya, yang terentang selama 20 tahun, Tyson mendapatkan penghasilan total mencapai 265 juta dolar AS (Rp 3,7 triliun). Sayangnya, Tyson tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik.

Gaya hidup, pembelian barang-barang mewah, termasuk rumah dan mobil mewah, membuat Tyson terlilit hutang. Belum lagi dengan tiga kali perceraian yang dialami Tyson. Pun dengan hukuman penjara selama tiga tahun usai Tyson didakwa melakukan pemerkosaan pada 1992.

Kendati begitu, secara perlahan, Tyson terbukti bisa bangkit dan mulai mendapatkan pemasukan. Pada 2020, mantan petinju yang masih memegang status sebagai juara tinju dunia kelas berat termuda tersebut diketahui memiliki kekayaan mencapai tiga juta dolar AS (Rp 42 miliar).

Keterlibatannnya di sejumlah film keluaran Hollywood menjadi salah satu sumber pemasukan terbesar Tyson. Tidak hanya itu, mantan petinju asal Brooklyn, New York, itu juga memiliki program animasi televisi, yang berjuluk Mike Tyson Mysteries.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, Tyson juga aktif membuat podcast bertajuk ''Hotboxin’ With Mike Tyson''.  Podcast ini menjadi salah satu podcast terpopuler di kategori podcast tentang olahraga pertarungan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA