Jumat 27 Nov 2020 06:18 WIB

Cegah Covid-19, Ini Tips Belanja Aman di Supermarket

Penting untuk memilih waktu yang tepat belanja bahan makanan ke supermarket.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Penting untuk memilih waktu yang tepat belanja bahan makanan ke supermarket (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Penting untuk memilih waktu yang tepat belanja bahan makanan ke supermarket (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menghindari penularan Covid-19, setiap orang harus selalu waspada. Termasuk, memilih waktu yang tepat untuk berbelanja ke pasar tradisional, pasar swalayan, maupun toko bahan makanan.

Kebanyakan orang merasa sudah aman karena memakai masker berdasarkan rekomendasi dari ahli kesehatan. Padahal, masker saja tak bisa diandalkan untuk memberikan perlindungan 100 persen dari virus.

Baca Juga

Direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular Universitas Minnesota, Michael Osterholm, membagikan tips aman berbelanja. Anggota kelompok penasihat penanganan Covid-19 dari Joe Biden itu menyarankan hal-hal berikut.

1. Batasi waktu

Semakin singkat waktu di toko, semakin kecil kemungkinan tertular Covid-19. Waktu ideal berbelanja yang disarankan adalah 30 menit. Untuk menyiasati ini, siapkan daftar belanjaan yang akan dibeli sejak dari rumah.

Segera temukan bahan makanan yang dibutuhkan dan membayar di kasir atau gerai. Daripada berkeliaran di lorong melihat berbagai macam sikat gigi dan tepung roti, fokuslah hanya untuk mengambil barang-barang dalam daftar.

2. Pilih waktu belanja

Laporan terbaru oleh Google menemukan bahwa waktu teraman untuk pergi berbelanja ke swalayan atau gerai bahan makanan adalah Senin pukul delapan pagi. Laporan sama mengklaim Sabtu sore sebagai waktu terburuk.

 

Secara umum, toko bahan makanan cenderung sepi pada Senin pagi.  Alternatif lain, pilih hari kerja lain selama sepekan di pagi hari untuk berbelanja makanan sekaligus menghindari berjumpa dengan terlalu banyak orang.

 

3. Bayar nontunai

Pilih metode pembayaran minim kontak atau bebas kontak usai mendapatkan semua yang dibutuhkan. Menggunakan kartu debet, kartu kredit, aplikasi, atau uang elektronik akan membatasi transfer bakteri dari uang.

4. Batasi percakapan

Belanja sambil mengobrol dengan penjual atau pembeli lain memang menyenangkan, tapi tidak di masa pandemi. Tahan diri untuk sementara waktu, batasi kontak dan pembicaraan selagi Covid-19 masih merebak dan menyerang dunia.

Sebuah studi menemukan bahwa karyawan toko kelontong lebih mungkin terinfeksi Covid-19 daripada pelanggan toko. Amat penting membatasi paparan karena virus lebih mungkin berpindah saat berbicara.

5. Pesan antar belanjaan

Belanja daring menurunkan risiko tertular virus corona, dan sekarang sudah banyak toko menawarkan layanan pesan antar. Jika ini tersedia di toko grosir di daerah Anda, jangan ragu untuk menggunakan kemudahan yang ada.

Selalu kenakan masker saat menerima kiriman belanjaan. Secara umum, tidak perlu membasuh atau menyemprot bahan makanan, namun yang lebih penting adalah cuci tangan usai menerima paket belanja, dikutip dari laman The Ladders, Kamis (26/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement