Jumat 27 Nov 2020 01:55 WIB

Empat Desa Kabupaten Cirebon Peroleh Bantuan BUMDES Mart

Bumdes Mart merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Cirebon dengan dukungan Bank BJB

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemkab Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di desa. Salah satunya melalui bantuan Bumdes Mart, yang diberikan kepada empat desa terpilih.

Bumdes Mart merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Cirebon dengan dukungan Bank BJB, untuk bisa memfasilitasi desa. Terutama dalam menampung produk masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa.

Baca Juga

‘’Untuk tahun ini, ada empat desa yang difasilitasi Bumdes Mart,’’ ujar Bupati Cirebon, Imron, Kamis (26/11).

Adapun empat desa itu adalah Desa Bobos, Desa Jatipancur, Desa Kebon Turi dan Desa Hulubanteng. Keempat desa tersebut terpilih dari 412 desa yang ada di Kabupaten Cirebon.

Ada beberapa kriteria yang membuat empat desa itu terpilih mendapatkan bantuan Bumdes Mart. Yaitu, ketaatan terhadap pembayaran pajak selama dua tahun terakhir, ketaatan administrasi, kepengurusn BUMDes dan kelayakan usaha BUMDes.

Usaha yang dilakukan BUMDes itupun tak hanya berkutat pada penjualan barang pokok dan produk milik masyarakat saja. Namun juga melayani sejumlah pembayaran lainnya, seperti pajak.

‘’BUMDes ini juga melayani transaksi non tunai,’’ terang Imron.

Imron berharap, desa yang mendapatkan bantuan BUMDes itu nantinya bisa menjalankannya dengan profesional dan menjaga kualitas produk yang dijualnya. Sehingga nantinya, BUMDes tersebut bisa bersaing dengan mini market yang sudah profesional.

‘’Harus profesional, kualitas terjamin dan harga standar,’’ tandas Imron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement