Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

KNPI Ajak Pemuda dan Generasi Milenial Sukseskan Pilkada

Kamis 26 Nov 2020 19:06 WIB

Red: Nashih Nashrullah

KNPI menilai pemuda dan generasi milenial punya peran sukseskan Pilkada. Ilustrasi Pilkada

KNPI menilai pemuda dan generasi milenial punya peran sukseskan Pilkada. Ilustrasi Pilkada

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
KNPI menilai pemuda dan generasi milenial punya peran sukseskan Pilkada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mengajak kalangan pemuda serta kaum milenial untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi Covid-19.

“Kesuksesan Pilkada 2020 adalah kesuksesan demokrasi di Indonesia. Pilkada kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Jadi tantangannya berbeda di saat pandemi Covid-19,” ujar Ketua Umum KNPI Haris Pertama dalam diskusi Pilkada dengan Tema “Pemuda Sukseskan Pemilukada 2020” secara virtual, Kamis, (26/11)

Haris menegaskan, KNPI berkomitmen mengajak para pemuda seluruh di Tanah Air untuk dapat menjaga kondusivitas dan juga menjaga Pilkada agar bisa berlangsung aman dan damai. “Dan juga menjaga Pilkada 2020 bebas dari Covid-19 dan klaster baru,” ujarnya.    

Baca Juga

Ketua KPU RI, Arif Budiman, mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya KNPI untuk membantu KPU agar bisa terlaksana Pilkada 2020 sukses dan aman di tengah pandemi covid-19.

“KPU tidak bisa bekerja sendiri sangat sulit. Oleh sebab itu kita bersama teman-teman KNPI bisa membantu terlaksananya Pilkada 2020 agar berjalan sukses,” ujarnya.

Arif juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan di Tengah pandemi. Hal ini perlu di perhatikan dengan mengeluarkan aturan KPU seperti terkait kampanye.

“Kampanye dalam bentuk rapat umum dilarang. Dan yang paling penting adalah pada saat pemungutan suara pemilih akan diatur jam kedatangannya. KNPI dalam hal ini bisa membantu sosialisasi ke masyarakat,” sebutnya.

Dia memastikan bahwa KPU menyediakan tempat cuci tangan, sarung tangan melakukan penyemprotan di tiap-tiap TPS. KPU juga menyakinkan ke semua pihak penyelenggara untuk diperiksa melakukan rapid test. “Semua protokol akan di patuhi dan masyarakat tidak takut untuk hadir ke TPS,” kata Arif lagi. 

Ketua Bawaslu RI, Abhan, mengatakan langkah Bawaslu mewujudkan Pilkada 2020 adalah menegakkan hukum Pemilu. Dan Bawaslu mendorong peserta hadir dan partisipasi masyarakat, menjalin kerjasama dengan lembaga lain.

“Tapi peran pemuda juga penting di tengah pandemi Covid-19 termasuk DPP KNPI harus mengawal pelaksanaan pilkada 2020. Kami mendorong DPP KNPI untuk menjadi pemantau di daerah yang memiliki calon tunggal karena pemantau bisa menggugat hasil Pilkada,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPR RI Arteria Dahlan mengapresiasi untuk Arif budiman dan Abhan yang terus bekerja dan menjalankan semua tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. 

Pihaknya melihat bagaimana pentingnya demokrasi harus sehat, kompetisi wajib harus ketat dan jika ada pemenang itulah pilihan rakyat sampai saat ini. “Kami mengapresiasi teman-teman KPU dan Bawaslu yang berani bekerja di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, Pilkada serentak 2020 ini adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan pada sistem demokrasi di Indonesia.

“Saya sering mengatakan bahwa Pilkada serentak 2020 ini dalam bagian dari konsensus bangsa kita yang sudah dibuat agenda negara. Yang sudah mulai kita susun sejak mulai masa reformasi,” ujarnya.

Dia juga memuji persiapan pelaksanaan Pilkada serentak ditengah pandemi Covid-19 yang dilakukan KPU dan Bawaslu RI. Kendati demikian, legislator dapil Sumatra Utara III ini mengingatkan agar semua tahapan Pilkada harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

 “Meski dilaksanakan di tengah pandemi, pelaksanaan Pilkada harus tetap terjaga kualitasnya, terutama dari sisi partisipasi pemilih tetap bisa meningkat atau setidaknya sama dari pilkada serentak sebelumnya,” sebutnya.

 Karena itu, dia berharap penyelenggara Pilkada perlu memastikan seluruh tahapan Pilkada dipersiapkan secara sungguh-sungguh agar dapat berjalan sukses dengan memenuhi 3 indikator, yaitu semua tahapan bisa berjalan sesuai peraturan yang ada, partisipasi pemilih tinggi, dan masyarakat aman dari Covid-19.

 
 

BERITA LAINNYA