Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Komisi VII DPR RI Dukung Pengembangan Kilang Balongan

Jumat 27 Nov 2020 00:45 WIB

Red: Agus Yulianto

Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Pertamina RU VI Balongan

Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Pertamina RU VI Balongan

Foto: Istimewa
Kapasitas produksi kilang Balongan akan naik dari 125 ribu jadi 250 ribu barel/hari.

REPUBLIKA.CO.ID,  BALONGAN - - Rencana Pertamina dalam mengembangkan Kilang Balongan melalui Program Refinery Development Master Plan (RDMP) mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI.  Dukungan disampaikan Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Pertamina RU VI Balongan bersama sejumlah anggota Komisi VII, Ditjen Migas, dan Komite BPH Migas, Kamis (26/11).

Alex Noerdin mengatakan, Kilang Balongan merupakan objek vital nasional strategis yang berperan penting dalam memasok kebutuhan energi dalam negeri khususnya untuk wilayah ibu kota. Oleh sebab itu, kata Alex, sudah sepatutnya Komisi VII dalam menjalankan tugas pengawasan ini memberikan masukan dan arahan kepada Pertamina terhadap kendala yang dihadapi dalam rangka usaha pengembangan kilang.

“RU VI Balongan ini sangat penting perannya karena menyuplay 82 persen BBM ibu kota, kemudian Jabar dan sekitarnya. Jadi, kalau ada kendala disini dampaknya sangat luar biasa. Oleh karena itu patut didukung penuh kelangsungan RU VI dan proyek-proyek baru ke depan, " ungkap mantan Gubernur Sumatera Selatan tersebut dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id

Dukungan Komisi VII DPR RI terhadap rencana pengembangan Kilang Balongan disambut baik Wakil Direktur  Utama PT Kilang Pertamina Internasional Budi Santoso Syarif yang turut hadir dalam kunjungan kerja Komisi VII ke RU VI.

Budi menjelaskan, Program Refinery Development Master Plan (RDMP) ini akan meningkatkan kapasitas produksi kilang Balongan dari 125.000 barel perhari menjadi 250.000 barel sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan energi dalam negeri yang semakin meningkat.

Budi juga menyampaikan, Pertamina akan terus berupaya memberikan perhatian kepada lingkungan sekitar kilang, baik  dalam pemberdayaan masyarakat maupun  lingkungan yang dilaksanakan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sementara itu, General Manager Pertamina RU VI Balongan Hendri Agustian dalam kesempatan tersebut menjabarkan terkait overview Kilang Balongan. Dalam paparannya, GM menjelaskan, bahwa selain secara rutin memproduksi energi yang umum digunakan masyarakat, kilang Balongan juga terus melakukan berbagai inovasi seperti pengembangan produk baru, melakukan efisiensi energi, serta terus berupaya meningkatkan kehandalan kilang. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA