Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Desa Binaan Baznas Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

Kamis 26 Nov 2020 17:30 WIB

Red: Gita Amanda

Objek Wisata Puncak Tempurung Garden atau kerap disebut warga setempat sebagai

Objek Wisata Puncak Tempurung Garden atau kerap disebut warga setempat sebagai

Foto: Baznas
Ini bukti kerja keras dan sinergi antara program Baznas dan warga Lubuk Bangkar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Objek Wisata Puncak Tempurung Garden atau kerap disebut warga setempat sebagai "Bukit Tempurung" yang berada di Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi masuk dalam 10 nominasi dataran tinggi terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Wisata Puncak Tempurung Garden ini merupakan inisiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD), warga Lubuk Bangkar serta pemerintah desa setempat untuk bangkit memajukan daerahnya melalui berbagai program pemberdayaan desa, salah satunya dengan pengembangan kawasan wisata.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI, Irfan Syauqi beik mengatakan basis pemberdayaan Baznas di Desa Lubuk Bangkar adalah bidang pertanian, peternakan, perkebunan karet hingga kopi. Namun seiring berjalannya program, tercetus ide untuk mengembangkan potensi alam di daerah tersebut.

“Keindahan pesona alamnya yang memikat, dengan landscape jajaran bukit kebun kopi berpadu dengan hembusan udara yang sejuk, menjadi potensi alam terpendam yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Lubuk Bangkar  sebagai komoditas yang bernilai ekonomi. Dengan memanfaatkan dana zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan masyarakat, Baznas siap mendukung program ini demi peningkatan kesejahteraan warga di sana,” ujar Irfan dalam keterangannya, Kamis (26/11).

Masuknya Wisata Puncak Tempurung Garden dalam nominasi API Awards 2020 ini, lanjut Irfan, juga menjadi bukti kerja keras dan sinergi yang baik antara program Baznas dan warga Desa Lubuk Bangkar.

“Dengan kerja sama Baznas dan warga Lubuk Bangkar lewat pengelolaan, penataan kawasan wisata yang baik, Wisata Puncak Tempurung Garden menjelma menjadi tempat wisata favorit warga Kabupaten Sarolangun. Semoga Wisata Puncak Tempurung Garden terpilih menjadi dataran tinggi terpopuler di API Awards 2020 nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Desa Lubuk Bangkar, Batang Asai, Sarolangun, Jambi hanyalah sebuah desa kecil yang belum mendapatkan aliran listrik dan bahkan masuk kategori desa tertinggal. Pada tahun 2018, Baznas hadir melakukan pemberdayaan desa dengan berbagai program seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) hasil kerjasama dengan organisasi PBB untuk pembangunan dunia (UNDP).

Selain itu juga terdapat program peningkatan ekonomi warga Lubuk Bangkar dengan memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam setempat, diantaranya pemberdayaan usaha olahan kopi, usaha keripik pisang, usaha kue, usaha menjahit, usaha kerajinan anyaman, budidaya pertanian sayur, budidaya ikan dan peternakan domba.

Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarolangun, pada 30 Oktober 2020 lalu, Wisata Puncak Tempurung Garden masih berada diposisi ke-4 dari 10 nominasi dataran tinggi terpopuler di ajang API Awards 2020.

Sebelum ditutup pada 31 Desember nanti, mari kita berikan dukungan yang terbaik untuk  Wisata Puncak Tempurung Garden agar terpilih menjadi dataran tinggi terpopuler diAPI Awards 2020 yakni dengan cara:

1. Mengirimkan SMS dengan ketik: API 10i kirim ke nomor 99386

2. Buka channel #APIaward di Youtube, pilih video Puncak Tempurung Garden lalu subscribe dan like videonya. Subscribe dan like https://www.youtube.com/watch?v=fcbI2-MYimI

3. Follow Instagram @APIaward, pilih foto Puncak Tempurung Garden lalu dan like foto tersebut. Klik dan like https://www.instagram.com/p/CDV2xVGAud_/.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA