Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Rashford akan Terima Penghargaan Khusus dari BBC

Kamis 26 Nov 2020 17:09 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, akan menerima penghargaan khusus atas dedikasinya membantu anak-anak yang berada dalam kemiskinan di Inggris.

Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, akan menerima penghargaan khusus atas dedikasinya membantu anak-anak yang berada dalam kemiskinan di Inggris.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Rashford menerima penghargaan atas kampanyenya melawan kemiskinan pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marcus Rashford akan menerima penghargaan khusus di BBC Sports Personality of the Year (SPOTY) karena kampanyenya melawan kemiskinan pada anak dan penyediaan makanan sekolah gratis. Namun dia belum masuk dalam daftar pendek untuk kategori utama, yang pemenangnya dipilih oleh publik. Pemain berusia 23 tahun itu tak masuk dalam nominasi Spoty karena prestasi lapangan penyerang Manchester United dan timnas Inggris itu belum menereng, seperti yang diputuskan oleh panelis.

Juru bicara BBC mengatakan syarat untuk bisa masuk dalam nominasi daftar pendek SPOTY adalah prestasi di bidang olahraga. "Sementara Marcus memiliki pengaruh besar di luar olahraganya, yang menyebabkan panel memberinya penghargaan khusus. Berdasarkan kriteria itu dirasakan pencapaian olahraganya tahun ini tidak cukup baginya untuk masuk dalam daftar pendek penghargaan utama," katanya, dikutip dari Guardian, Kamis (26/11).

Rashford adalah pencetak gol terbanyak bersama United dengan 23 gol musim lalu. Ini pencapaian terbaik dalam kariernya, ditambah dua gol untuk timnas Inggris. 

Baca Juga

Musim ini, ia berada dalam performa yang sama impresifnya, mencetak hat-trick Liga Champions selama 15 menit melawan RB Leipzig. Rashford juga mengoleksi sembilan gol dalam 14 penampilan membela Setan Merah, sekali lagi menjadikannya pencetak gol terbanyak bersama sementara.

Di luar lapangan, Rashford membuat Boris Johnson menganulir keputusannya setelah sang perdana menteri awalnya menolak seruan pemain berusia 23 tahun itu agar voucher makanan gratis diberikan kepada keluarga termiskin saat musim panas. Pada akhir bulan lalu, petisi Rashford untuk mengakhiri kemiskinan anak memiliki lebih dari satu juta tanda tangan. Tindakannya menjadi katalisator bagi bisnis, kafe, dan restoran lokal untuk membantu memberi makan keluarga ketika makanan sekolah gratis tak ada selama semester musim gugur.

BBC akan menayangkan sebuah film dokumenter pada 21 Desember yang memetakan aktivitas Rashford, sehari setelah upacara penghargaan SPOTY.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA