Kamis 26 Nov 2020 16:25 WIB

Kenang Maradona, Robby Darwis: Dia Seniman Lapangan Hijau

Robby sangat terkesan dengan dedikasi Maradona.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Diego Maradona
Foto: republika
Diego Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia kehilangan seorang seniman sepak bola yang selalu tampil memukau ketika mengolah si kulit bundar. Hal ini diungkapkan legenda sepak bola Indonesia Robby Darwis ketika dihubungi republika.co.id, Kamis (26/11).

"Maradona begitu istimewa dalam dunia sepak bola. Dia adalah seniman lapangan hijau yang sangat luar biasa. Saya hanya bisa melihat aksinya saja, karena saya tidak pernah berhadapan langsung. Karena saya di bawah era-nya Maradona," kata Robby.

Bek Timnas dan juga Persib Bandung yang pernah melawan Ruud Gullit di tahun 1987 ini menyatakan, kelebihan Maradona adalah selain kemampuan menggocek bola juga akurasi umpannya serta termasuk pemain yang tidak kasar saat bermain bola.

"Selain gocekan mautnya yang kerap diperagakan diatas lapangan hijau. Kalau sudah menguasai bola susah untuk direbut. Lawan pun gentar ketika dia membawa bola karena naluri mencetak golnya luar biasa. Dia juga pandai mencari celah. Maradona juga seorang pemberi umpan yang baik bagi rekan-rekannya. Dia juga pemain yang tidak kasar," kata Robby.

Dedikasi dan disiplin, kata Robby, juga menjadi salah satu kelebihan dari sang maestro Argentina. "Disiplin dan dedikasi hal yang patut ditiru dari seorang Maradona. Bagaimana dia begitu setia dengan tim Napoli. Yang kemudian mampu memberikan berbagai prestasi untuk klub tersebut," kata Robby.

Menurut pemilik jargon Halik Ku Aing ini, hingga sekarang belum ada pemain sepak bola yang bisa menyamai Maradona. "Memang saat ini ada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Tetapi mereka belum bisa disetarakan dengan Maradona. Maradona begitu istimewa memiliki ciri khas dan juga kehadirannya memberi pengaruh baik bagi klub maupun negaranya. Kita semua sangat kehilangan," kata Robby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement