Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Kemesraan Umar Bersama Ahlul Bait

Kamis 26 Nov 2020 05:21 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Kemesraan Umar Bersama Ahlul Bait. Ilustrasi Sahabat Nabi

Kemesraan Umar Bersama Ahlul Bait. Ilustrasi Sahabat Nabi

Foto: MgIt03
Umar senantiasa menjalin kedekatan dengan ahlul bait.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat Rasulullah, Umar bin al-Khattab Radhiyallahu Anhu senantiasa mencintai Ahlul Bait (keluarga Rasulullah). Umar senantiasa menjalin kedekatan dengan mereka.

Dikuitip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, kecintaan Umar kepada al-Hasan dan al-Husain tidak mengurangi kecintaannya kepada ibunda mereka, Fathimah az-Zahra. Umar sangat memuliakannya, karena dia tahu betul bahwa wanita ini adalah belahan jiwa ayahnya, Rasulullah. 

Umar pernah mengatakan kepada Fathimah: "Wahai putri Rasulullah, tidak ada seorang pun yang lebih kami cintai melebihi ayahmu, dan tiada seorang pun, setelah ayahmu, yang lebih kami cintai melebihi kamu" (Mushannaf Ibnu Abi Syaib)

Baca Juga

Seperti itulah sebenarnya hubungan antara Umar dan Fathimah menurut riwayat-riwayat yang kuat dan shahih. Dan memang demikianlah semangat para Sahabat ketika itu. Mereka sangat mencintai keluarga Rasulullah, dan untuk itu pula Allah memuji mereka di dalam Kitab-Nya. 

Mengenai cinta Umar terhadap Ali, Suwaid bin Ghaflah menuturkan; Umar bin al-Khathab pernah melihat seorang laki-laki bersitegang dengan Ali, bahkan disebutkan bahwa laki-laki itu sampai mencela Ali. Umar pun berkata kepada laki-laki itu: 

"Sungguh, aku yakin kamu termasuk orang munafik! Sebab aku pernah mendengar Rasulullah bersabda: '(Kedudukan) Ali bagiku laksana kedudukan Harun bagi Musa. Hanya saja, tidak ada Nabi setelah aku'" (Tarikh Dimasyq, Tarikh Baghdad).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA