Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Guru Dituntut Mampu Beradaptasi Jawab Perubahan Zaman

Rabu 25 Nov 2020 22:23 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ratna Puspita

Bupati Sleman Sri Purnomo

Bupati Sleman Sri Purnomo

Foto: Dok Pemkab Sleman
Bupati Sleman mengatakan, tantangan guru makin kompleks sekaligus menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, seiring perkembangan zaman, seorang guru merupakan pula agen perubahan. Ia mengingatkan, seorang agen perubahan harus miliki semangat berubah dan menjadi pribadi pembelajar yang haus ilmu pengetahuan.

Ia menuturkan, tantangan yang dihadapi pendidik akan semakin kompleks sekaligus menarik. Karena itu, PGRI sebagai organisasi profesi ditantang mampu menggerakkan pendidik memberi andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

"Harus merasa terpanggil melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah, gagasan dan tindakan inovatif sesuai tantangan abad 21," kata Sri dalam Peringatan Hari Guru dan HUT 75 PGRI di Bappeda Sleman, Rabu (25/11).

Baca Juga

Untuk itu, ia mengajak semua guru untuk senantiasa mengembangan kreativitasnya. Lalu, tetap menunjukkan dedikasi yang sangat dibutuhkan dalam situasi sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini sehingga proses pembelajaran bisa berjalan maksimal.

"Pembelajaran dalam kelas merupakan metode terbaik untuk kegiatan belajar mengajar. Namun, pada saat pandemi ini guru-guru dituntut mampu beradaptasi dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring," ujar Sri.

Pada kesempatan itu, Ketua PGRI Kabupaten Sleman Sudiyo mengatakan, Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI 2020 digelar di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Karena itu, pelaksanannya mau tidak mau digelar secara sederhana.

"Adapun, tema yang diangkat pada Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di Kabupaten Sleman tahun ini Kreatifitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju," kata Sudiyo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA