Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Roti Jepang 'Melonpan' Ramaikan Kuliner Bandung

Rabu 25 Nov 2020 21:19 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nora Azizah

Roti Jepang Melonpan dari Pastry Chef

Roti Jepang Melonpan dari Pastry Chef

Foto: Instagram @pastrychef.official
Roti melonpan khas Jepang dibanderol Rp 13 ribu per buah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ragam kuliner di Kota Bandung kini semakin berwarna. Sebuah brand pastry asal Kota Bandung, Pastry Chef, kini menghadirkan melonpan, sebuah kudapan roti yang paling digemari di Jepang.

Dengan bentuk yang menyerupai buah melon dan warna hijau yang menyegarkan, roti ini sangat menarik untuk dijadikan camilan teman kopi atau pengganjal perut untuk menunda lapar. Menurut pemilik melonpan dari Pastry Chef, Harry Dwijaya, ide awal untuk membuat melonpan ini karena kegemarannya akan komik dan anime jepang.

“Melonpan ini sering banget dimakan sama tokoh manga atau anime, bahkan ini tuh di jepangnya terkenal dengan sebutan roti Dorami karena memang makanan favoritnya Dorami (adiknya doraemon),” ujar Harry Dwijaya kepada wartawan, Rabu (25/11).

Harry mengatakan, dengan adanya melonpan juga bisa membuktikan kreativitas anak muda Bandung di bidang kuliner. PSBB ini, lanjutnya, bisa memunculkan ide-ide kreatif dan produktif dari segi bisnis. Selama sebulan ini, kata dia, melonpan akan dibagikan secara gratis setiap hari di lokasi strategis di kota Bandung.

"Bahkan, buat teman-teman yang ingin mencoba juga bisa DM ke Instagram @pastrychef.official, harganya juga murah Rp 13 ribu dijual online di IG," paparnya.

Melonpan adalah roti manis khas Jepang. Meskipun disebut roti melon, roti ini sama sekali tidak memiliki rasa melon. Hanya saja, bentuknya bundar serta bagian atas roti mirip kulit melon.

Bagian atas roti ini renyah dan garing berkat adanya adonan biskuit yang diletakkan di atas roti sebelum dipanggang. Adonan biskuit dibuat dari telur, terigu, gula pasir, dan mentega.

Di daerah Kansai, termasuk Kobe dan Kyoto, ada bentuk melonpan yang tidak bundar, melainkan oval. Melonpan bundar ini juga populer dengan nama Sunrise. Di antara variasi lain dari melonpan terdapat jenis yang diberi perisa melon atau sirup dicampur butir cokelat dan diisi dengan saus.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA