Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Kamis 26 Nov 2020 03:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warna dan tingkat kematangan pisang juga menentukan khasiatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang menjadi salah satu pilihan sarapan atau bekal sebagian orang. Selain praktis, pisang juga bergizi dan bermanfaat untuk jantung, gula darah, dan pencernaan. Berikut lima manfaat dari makan pisang, seperti dilansir laman Insider pada Rabu (25/11).

1. Pisang kaya nutrisi
Pisang berukuran sedang menawarkan 110 kalori tanpa lemak, protein 1 gram, karbohidrat 28 gram, gula 15 gram, serat 3 gram, kalium 450 mg, magnesium 32 mg, vitamin C 10,3 mg dan vitamin B6 0,4 mg.

Konsultan gizi bersertifikat Amerika, Lisa Richards, menjelaskan bahwa buah pisang memiliki kandungan kalium, vitamin, dan mineral. Pisang juga menjadi sumber B6 dan serat yang signifikan, yang memainkan peran penting dalam fungsi penting tubuh seperti mengurangi kolesterol dan menyeimbangkan suasana hati.

Faktanya, satu buah pisang dapat menyumbang sembilan persen dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) kalium dan delapan persen magnesium. Mengenai vitamin C, pisang diketahui memasok sekitar 11 persen dari RDI Anda.

2. Pisang dapat membantu mengatur gula darah
Pisang yang mengandung pektin dan pati resisten ternyata bisa membantu menurunkan gula darah. Richards mengatakan bahwa serat larut ini bekerja sama dengan meningkatkan sensasi kenyang, mencegah makan berlebihan, dan memperlambat laju pencernaan.

Selain itu, indeks glikemik (GI) pisang adalah 30 hingga 60, tergantung kematangannya. Indeks glikemik mengukur bagaimana karbohidrat dalam makanan mengubah gula darah, dari skala 0 menjadi 100. Untuk GI yang lebih rendah, makan buah yang lebih hijau.

Monica Auslander Moreno, ahli diet utama di Miami's Essence Nutrition menyarankan agar pisang dipasangkan dengan protein dan lemak. Jika tidak, gula darah akan melonjak dan kemudian turun. Jadi, coba gabungkan pisang tinggi karbohidrat dengan telur, yoghurt, atau selai kacang.

3. Pisang dapat mendukung kesehatan jantung
Kandungan kalium dalam pisang berfungsi sebagai elektrolit. Elektrolit berperan penting untuk mengatur kontraksi otot.

“Karena jantung adalah otot kalium dan kesehatan jantung sangat erat kaitannya,” kata Moreno.

Kalium juga dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium. Jika tubuh kekurangan kalium dan kelebihan natrium artinya lebih banyak cairan, dan volume darah akan lebih tinggi dalam aliran darah. Hal ini bisa meningkatkan tekanan darah lalu memicu risiko serangan jantung dan strok.

4. Pisang dapat membantu menurunkan berat badan
Kombinasi pektin dan pati resisten membantu Anda merasa kenyang lebih cepat. Pisang hijau dinilai lebih baik karena ketika pisang matang, ia kehilangan pektin.

Selain itu, semakin hijau pisang, semakin tahan pati yang dikandungnya. Ketika Anda memakannya dengan diet seimbang, menurut Moreno, karbohidrat membantu Anda menghasilkan lebih banyak serotonin yang membantu mengatur metabolisme dan tingkat energi Anda.

5. Pisang baik untuk kesehatan pencernaan
Dalam hal kesehatan usus, pisang yang berwarna hijau atau lebih hijau dapat memicu sembelit karena jumlah pati dan pektin resisten yang lebih tinggi. Sebaliknya, pisang yang menguning dan matang bisa membantu memperlancar buang air besar. Pisang juga mengandung serat tidak larut yang bisa membersihkan racun dari sistem pencernaan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA