Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Rutan Kandangan Klaster Baru Covid, 42 Orang Positif

Rabu 25 Nov 2020 19:02 WIB

Red: Teguh Firmansyah

virus corona (ilustrasi).

virus corona (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Dari 42 yang positif, 39 orang merupakan warga binaan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kandangan Jeremia Leonta di Kandangan, Rabu, menyampaikan Rutan Kandangan menjadi klaster terbaru setelah 42 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes swab terbaru dengan pemeriksaan dari jumlah warga binaan di Rutan Kelas II B Kandangan sebanyak 259 orang.

"Ada 39 orang terdiri dari 37 narapidana dan satu orang tahanan dinyatakan positif Covid-19 dan selain warga binaan, juga ada tiga petugas Rutan Kelas II B Kandangan yang juga terkonfirmasi positif," katanya.

Ia menjelaskan, warga binaan positif Covid-19 yang menjadi klaster baru di Rutan II B Kandangan merupakan orang tanpa gejala (OTG). Mereka diisolasi di tiga kamar yang sudah dipisahkan dengan warga binaan negatif. Sedangkan tiga orang petugas yang positif saat ini sudah dirawat dan dikarantina di dua tempat berbeda.

"Untuk dua orang petugas dirawat di RSUD Brigjen H Hassan Basry Kandangan, sementara satu orang lainnya dikarantina di bangunan eks RSUD Brigjen H Hassan Basry Kandangan," ujarnya.

Pihak Rutan masih menelusuri dan memetakan sumber awal masuknya Covid-19 ke Rutan. Apakah dari petugas sendiri atau dari makanan titipan yang diberikan keluarga warga binaan.

"Karena adanya kasus konfirmasi positif ini maka kami sementara tidak menerima tahanan baru masuk ke rutan, termasuk ada sembilan orang tahanan di Polres HSS belum bisa dimasukkan ke rutan ini," ujarnya

Adapun makanan titipan dari keluarga warga binaan sementara juga tidak diperbolehkan sampai menunggu 15 hari ke depan.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, jajaran Rutan Kandangan telah melakukan protokol kesehatan. Dari mulai menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun, hingga dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum masuk ke rutan sesuai surat edaran Kemensos, dan Satgas Covid-19.

Diketahui hingga Selasa (24/11) siang sekitar pukul 15.00 Wita, dalam laman https://corona.hulusungaiselatankab.go.id/, total kasus Covid-19 ada sebanyak 549 orang. Dari jumlah itu sudah sembuh 456 orang, dirawat 58 orang, meninggal 35 orang dan suspect atau diduga Covid-19 sebanyak tiga orang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA