Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Tiga Golongan Muslim yang Masuk Neraka

Rabu 25 Nov 2020 13:28 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil

Tiga Golongan Muslim yang Masuk Neraka. Foto: Ilustrasi Neraka

Tiga Golongan Muslim yang Masuk Neraka. Foto: Ilustrasi Neraka

Foto: Pixabay
Ada tiga golongan Muslim yang masuk neraka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan di dunia hanyalah sementara yang kekal di akhirat. Di akhirat nanti, umat Muslim diminta pertanggungjawaban atas perbuatan-perbuatan yang mereka lakukan selama di dunia. Sebagai ganjarannya, mereka akan masuk surga atau neraka.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Ahmad Sarwat menjelaskan ada tiga golongan Muslim yang terpaksa masuk neraka dahulu lalu dikeluarkan dan baru masuk surga. Tiga golongan tersebut adalah pertama, kelompok yang masuk neraka dalam waktu singkat.

“Mereka boleh jadi pagi masuk neraka lalu sore atau besoknya dikeluarkan dari neraka. Kelompok ini antara amal baik dan amal buruk tidak terlalu jauh setelah dihitung, dievaluasi, dan ditimbang. Selisihnya sedikit,” kata Ustadz Ahmad Sarwat dalam kajian bertema 3 Golongan Manusia yang Masuk Neraka di kanal Youtube Rumah Fiqih.

Karena selisih antara amal baik dan amal buruk tidak terlalu jauh, siksaan neraka yang akan dialami tidak berlangsung lama. Kedua, mereka yang cukup lama di neraka. Dia memberi contoh, mereka masuk hari ini dan keluar dari neraka 100 atau 1.000 tahun kemudian karena dosa-dosanya jauh lebih banyak.

Mereka memiliki pahala, namun secara bersamaan banyak dosa besar yang mereka lakukan tanpa taubat sebelumnya. Ini membuat jumlah pahalanya tidak bisa melebihi jumlah dosa-dosanya.

Terakhir, mereka yang kekal di neraka. Ustadz Ahmad Sarwat menjelaskan ada orang-orang Islam yang menjadi pengecualian. Mereka menjalankan banyak perintah agama, misal shalat, berpuasa, haji, dan zakat. Akan tetapi, dalam Alquran Allah menyebutkan beberapa jenis orang yang ketika dia meninggal sebagai Muslim dia disiksa di neraka dan tidak pernah keluar. Ayat tersebut tercantum dalam surat An-Nisa ayat 14 :

وَمَنْ يَّعْصِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَيَتَعَدَّ حُدُوْدَهٗ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيْهَاۖ وَلَهٗ عَذَابٌ مُّهِيْنٌ ࣖ

Wa may ya\'ṣillāha wa rasụlahụ wa yata\'adda ḥudụdahụ yudkhil-hu nāran khālidan fīhā wa lahụ \'ażābum muḥīn. “Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar batas-batas hukum-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka, dia kekal di dalamnya dan dia akan mendapat azab yang menghinakan.”

“Allah mengancam orang-orang yang menentang ketentuan Allah sehingga Allah masukkan mereka di neraka yang abadi,” ujar dia.

Nasib mereka mirip dengan orang yang tidak mengakui Allah dan tidak mengucapkan syahadat yang terjerumus di dalam siksa neraka. “Semoga kita terhindar dari ketiga kelompok itu dan masuk kelompok yang dihisab dengan mudah,” kata dia. 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=mVDSvcYvlZY

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA