Friday, 2 Jumadil Akhir 1442 / 15 January 2021

Friday, 2 Jumadil Akhir 1442 / 15 January 2021

Buku Catatan Charles Darwin Dicuri di Universitas Cambridge

Rabu 25 Nov 2020 13:03 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Charles Darwin

Charles Darwin

Foto: .
Perpustakaan Universitas Cambridge melaporkan dua pencurian buku Charles Darwin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perpustakaan Universitas Cambridge telah melaporkan dua pencurian buku catatan yang digunakan oleh Charles Darwin untuk tulisan pribadinya. Salah satu buku catatan berisi kutipan terkenal dari Darwin yaitu I Think dan diagram Tree-of-Life yang dibuat pada 1837.

Dua buku itu dipakai Darwin sebelum penerbitan teori evolusi dalam bukunya berjudul 'On the Origin of Species by Means of Natural Selection atau Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life' pada November 1859.

Buku catatan Darwin tersebut terakhir terlihat pada November 2000, ketika dikeluarkan dari koleksi untuk didigitalisasi. Selama pemeriksaan rutin berikutnya pada Januari 2001, ditemukan bahwa kotak kecil berisi dua buku catatan belum dikembalikan ke tempatnya semula.

Pada saat itu, perpustakaan Universitas Cambridge sedang menjalani renovasi besar-besaran dan diperkirakan buku catatan tersebut diletakkan salah. Di perpustakaan, terdapat setidaknya 10 juta buku, peta, manuskrip, dan objek lainnya.

Dilansir Forbes, setelah serangkaian penelusuran menyeluruh, yang terbesar dalam sejarah perpustakaan, kurator menyimpulkan bahwa buku catatan Darwin kemungkinan besar telah dicuri. Masalah ini telah dilaporkan ke Polisi Cambridgeshire dan Interpol.

Perpustakaan Universitas Cambridge juga meminta bantuan publik untuk menemukan buku catatan Darwin. Buku catatan yang digunakan ilmuwan fenomenal itu digambarkan memiliki ukuran sebesar kartu pos, dengan sampul coklat kemerahan, dan, pada saat menghilang, disimpan dalam kotak karton biru.

Kedua buku catatan Darwin masing-masing memiliki huruf 'B' dan 'C' di sampulnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA