Rabu 25 Nov 2020 11:50 WIB

Dinkes Depok Paparkan Inovasi Penanggulangan Covid-19

Inovasi di bidang kebijakan dengan pembuatan aplikasi Pusat Informasi Covid-19.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas kesehatan melakukan simulasi suntik vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat.
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Petugas kesehatan melakukan simulasi suntik vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus melakukan upaya penanggulangan virus Corona (Covid-19) yang dilakukan dari berbagai bidang.

"Kami lakukan inovasi di sejumlah bidang kebijakan, antara lain inovasi bidang pencegahan, dan bidang penanganan sebagai penanggulangan Covid-19," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (24/11).

Menurut Novarita, untuk inovasi di bidang kebijakan melalui pembangunan aplikasi Pusat Informasi Covid-19 Depok (Picodep), pembangunan aplikasi Kampung Siaga Covid-19 (KSC-19), penyebaran informasi, dan akses informasi melalui aplikasi Depok Single Window (DSW).

Selanjutnya, untuk bidang pencegahan juga dilakukan dengan beberapa kegiatan. Di antaranya disinfeksi di rumah kasus konfirmasi dan ruang publik, penyuluhan dan edukasi masyarakat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan protokol kesehatan, penertiban tempat-tempat umum dalam penyelenggaraan protokol kesehatan. Serta penyaluran bantuan sosial serta Jaringan Pengamanan Sosial (JPS).

"Untuk inovasi bidang penanganan dengan pembentukan KSC-19 di 924 RW se-Kota Depok, penerapan Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS) yang dievaluasi setiap 14 hari, serta pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 dengan satuan tugas atau relawan yang sudah dilatih di setiap kecamatan," ujar Novarita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement