Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Elon Musk Geser Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Kedua Dunia

Rabu 25 Nov 2020 07:07 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya

CEO Tesla Elon Musk. Elon Musk menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia.

CEO Tesla Elon Musk. Elon Musk menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia.

Foto: AP Photo/John Raoux
Kekayaan bersih Musk melonjak menjadi 128 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pengusaha teknologi Elon Musk telah mengungguli pendiri Microsoft, Bill Gates, menjadi orang terkaya kedua di dunia setelah kekayaan pribadinya melonjak drastis. Kekayaan bersih Musk melonjak 7,2 miliar dolar AS menjadi 128 miliar dolar AS setelah saham di perusahaan mobilnya Tesla melonjak. 

Hanya pendiri Amazon Jeff Bezos yang lebih kaya dari Musk, menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

Hal ini terjadi setelah Tesla ditambahkan ke S&P 500, salah satu indeks saham utama di AS. Berita itu mendorong saham pembuat mobil listrik itu naik 34 persen pada hari Selasa (24/11), meningkatkan nilai kepemilikan Musk dalam bisnis tersebut.

Baca Juga

Tesla sudah menjadi perusahaan mobil paling berharga di dunia, meskipun memproduksi sebagian kecil kendaraan dibandingkan para pesaingnya seperti Toyota, VW, dan General Motors.

Pada Selasa (24/11), dalam pidatonya di Jerman, Musk mengatakan mungkin masuk akal bagi Tesla untuk berkembang di Eropa dengan memasuki segmen pasar massal dengan mobil kecil. "Di AS, mobil cenderung lebih besar karena alasan selera pribadi. Di Eropa, (mobil) cenderung lebih kecil," Kata Musk dilansir di BBC, Rabu (25/11).

Dan setelah bertahun-tahun mengalami kerugian, Tesla telah memperoleh keuntungan lima kuartal berturut-turut karena penjualan mobilnya berkinerja baik meskipun ada pandemi. Perusahaan yang berbasis di Kalifornia ini akan menjadi peserta baru terbesar di S&P 500, dengan nilai pasar lebih dari 500 miliar dolar AS.

Ini berarti dana investasi yang melacak indeks akan secara otomatis menahan sahamnya dan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga sahamnya, berita yang membuat investor bersemangat.

Bill Gates, yang mendirikan Microsoft, adalah orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun sebelum Bezos menjatuhkannya dari posisi teratas pada tahun 2017. Kekayaan Gates bernilai 127,7 miliar dolar AS, tetapi akan lebih tinggi jika dia tidak menyumbangkan sejumlah besar uang untuk amal selama beberapa dekade.

Kekayaan bersih Jeff Bezos diperkirakan mencapai 182 miliar poundsterling menurut Indeks Miliarder Bloomberg.  Dia juga telah melihat kekayaan pribadinya meningkat tahun ini karena permintaan untuk layanan Amazon naik dalam pandemi.

Musk, yang secara teratur mengadili kontroversi, mengalami beberapa minggu terakhir yang penting. Akhir pekan lalu dia mencuit bahwa dia 'kemungkinan besar' memiliki kasus Covid-19 sedang dan memiliki gejala 'flu ringan'.

Itu terjadi sehari sebelum empat astronot diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan roket yang dibuat oleh SpaceX milik Musk

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA