Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Mushaf Alquran Terberat Itu Berada di Negeri Bollywood India

Rabu 25 Nov 2020 06:24 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Mushaf Alquran seberat 800 kilogram di India

Mushaf Alquran seberat 800 kilogram di India

Foto: Dok Istimewa
Mushaf Alquran seberat 800 kg berada di Darul Uloom India

REPUBLIKA.CO.ID, VADODARA— Ada dua buah salinan mushaf Alquran  langka yang berada di Kompleks Masjid dan Madrasah Darul Uloom di Kota Vadodara, India, negeri Bollywood.

Menariknya lagi satu mushaf Alquran  itu bahkan menjadi mushaf Alquran  terbesar di Asia yang ditulis di atas tembaga.  

Baca Juga

Seperti dilansir Iqna.ir pada Rabu (25/11) salinan mushaf Alquran  yang terbuat dari tembaga itu memiliki berat sekitar 800 kilogram dengan jumlah halaman sebanyak 632 halaman.

Awalnya, mushaf Alquran  itu disimpan di Masjid Agung Kota Vadodara. Akan tetapi karena kelembaban, dua mushaf Alquran  itu pun mengalami kerusakan.  

Pada 2007, pemimpin spiritual Iran yakni Ali Khamenei menanggung proyek perbaikan dua mushaf Alquran  itu. Salinan yang rusak kemudian diperbaiki para ahli di Noor Microfilm Center di New Delhi. Setelah berhasil diperbaiki, dua mushaf itu pun kemudian dibawah ke Darul Uloom untuk disimpan dalam kotak kaca khusus yang melindunginya dari kelembaban. 

Beberapa waktu lalu Kepala Rumah Kebudayaan Iran di Mumbai, Mohsen Ashouri, mengunjungi Darul Uloom dan  melihat Alquran itu dan mempelajari fitur-fiturnya. Dalam kunjungan tersebut, Ashouri juga bertemu dengan Mufti Aref Fallahi untuk membicarakan kerjasama di bidang budaya dan agama. 

Darul Uloom Vadodara sendiri adalah sebuah Universitas dan sekolah Islam di Vadodara, kota terbesar ketiga di negara bagian Gujarat, India. Lembaga pendidikan itu didirikan pada  1972. 

 

Sumber: https://iqna.ir/en/news/3473216/quran-written-on-copper-biggest-in-asi 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA