Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Mike Tyson Dinilai Lampaui Kehebatan Petinju Lain

Selasa 24 Nov 2020 22:26 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Mike Tyson

Mike Tyson

Foto: EPA/Gerry Penny
Kehebatan Tyson di atas ring membuat banyak petinju yang bernafsu melawannya.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Mike Tyson merupakan salah satu petinju paling ganas di dunia. Pukulannya sangat tajam dan kuat.

Sehingga tak heran pertarungan yang melibatkan Tyson biasanya tak berlangsung lama. Pasalnya, Tyson hampir selalu mengalahkan lawan begitu cepat.

Baca Juga

Kehebatan Tyson melampaui kehebatan petinju-petinju hebat sebelumnya. Kebintangannya sudah terasa ketika ia masih muda. Benar saja, wajahnya menjadi petinju paling dikenal di dunia. Tyson mengubah kekaguman penggemar termasuk promotor. Banyak orang ingin berjumpa dengannya.

“Sebelum era Tyosn, divisi (tinju) ini agak mandek,” kata mantan pesepak bola yang juga penggemar tinju, Jimmy Greaves, dilansir dari Talksport, Selasa (24/11).

Fenomena Iron Mike pada 1985 terjadi dan tiba-tiba menenggelamkan legenda tinju yang lebih dulu. Sosoknya yang menyeramkan serta harimau sebagai binatang peliharaannya menjadikan dia semakin dibicarakan orang.

Di awal kariernya, Tyson meniupkan aura persaingan berkat serangkat kemenangan KO. Dia bukan tipe petinju yang menyia-nyiakan waktu. Pada 1986, ia menjadi juara kelas berat termuda di dunia yaitu di usia 20 tahun.

Tyson menjalani masa kanak-kanak suram. Narkoba, senjata api, dan prostitusi akrab dengan kehidupan sehari-hari Tyson. Namun kehebatannya di atas ring membuat banyak petinju yang bernafsu melawannya.

Lennox Lewis bahkan sangat ingin menunda gantung sarung hanya karena ingin menghadapi Tyson yang sedang dijatuhi hukuman penjara enam tahun pada 1992. “Saya pikir, 'Saya harus menunggu dan menunda masa pensiun saya',” kata Lewis kepada komentator UFC Joe Rogan.

Joe Rogan menyebut Tyson seperti narkoba. Meski menakutkan, Tyson dipandang sebagai kegembiraan bagi sebagian orang. Orang akan terhentak apabila menyaksikan Tyson beraksi dari layar televisi. Bahkan Tyson juga memberikan pengaruh besar terhadap bintang besar tinju tahun ini.

Kini Si Leher Beton akan kembali naik ring melawan sesama legenda, yaitu Roy Jones Jr, pada 28 November 2020 dalam pertarungan eksebisi. Pertarungan dinanti-nantikan setelah Tyson pensiun pada 2005 lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA