Selasa 24 Nov 2020 21:33 WIB

Vokasi UI Buat Aplikasi Konsultasi Pajak Gratis

Vokasi UI meluncurkan E-Taxaction New Generation (NG).

Ilustrasi Bayar Pajak Online
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Bayar Pajak Online

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) melalui Program Studi Administrasi Perpajakan, meluncurkan aplikasi E-Taxaction New Generation (NG). Ini adalah sebuah aplikasi digital yang menyediakan fitur konsultasi pajak gratis, dan ruang belajar pajak gratis untuk masyarakat, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Soft launching dan simulasi E-Taxaction NG dilaksanakan secara daring, pada Selasa (24/11). Pada kesempatan tersebut, Vokasi UI juga mengumumkan akan tersedia konsultasi online gratis bagi UMKM yang hendak memanfaatkan insentif pajak COVID-19.

Baca Juga

"Konsultasi gratis dilaksanakan pada 2 Desember 2020 - 20 Januari 2021 dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu pada link sebagai berikut: https://bit.ly/umkmcovid19," kata Founder aplikasi E-Taxaction NG Thesa Adi Purwanto saat Soft launching dan simulasi E-Taxaction NG dilaksanakan secara daring.

Ia mengatakan pengembangan aplikasi ini bekerja sama dengan Jakarta Cyber Soft, sebuah startup company di bidang teknologi. Pada tahap awal, menurut Thesa, aplikasi ini menyediakan dua fitur utama yaitu ruang belajar dan konsultasi pajak gratis.

Pada menu ruang belajar, para pengguna dapat memilih topik yang diminati, misalnya materi tentang Pelaporan Pajak UMKM. Menurut Thesa, pada fitur konsultasi pajak, wajib pajak akan memperoleh konsultasi gratis serta asistensi pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Orang Pribadi.

Sebelum bertransformasi menyediakan layanan digital, Taxaction adalah sebuah layanan konsultasi pajak gratis secara tatap muka yang rutin dilakukan oleh sivitas akademika Vokasi UI. Ketua Program Studi Administrasi Perpajakan, yang juga merupakan founder Taxaction, Arie Widodo atau kerap disapa Dodo, mengatakan aplikasi ini merupakan pengembangan dari program Taxaction, layanan konsultasi pajak gratis yang telah dilakukan oleh sivitas akademika Vokasi UI, sejak 2013.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement