Rabu 25 Nov 2020 06:00 WIB

Manfaat Ubi Bagi Kesehatan Usus Hingga Penglihatan

Ubi jalar kaya akan serat hingga antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ubi (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ubi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin tak banyak orang yang melirik ubi jalar sebagai makanan kesukaan atau pengganti karbohidrat. Padahal, ubi jalar mengandung banyak manfaat kesehatan.

“Ubi jalar kaya akan vitamin A, serat, vitamin C, tiamin, dan riboflavin,” kata Ahli Diet bersertifikat, Tracy Lockwood Beckerman, RD, mengutip laman wellandgood, Selasa (24/11).

Baca Juga

Beckerman mengatakan, serat dalam ubi jalar menyehatkan usus, dan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Bahkan, ubi jalar bisa dibumbui dengan kayu manis yang membantu menurunkan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Tak hanya itu, ubi juga mengandung karotenoid atau sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk penglihatan. Beta karoten yang menghasilkan warna oranye pada ubi berguna untuk mata.

Beta karoten bersama dengan nutrisi lain, seperti vitamin C, E, dan zinc, dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata terkait usia. Kita hanya perlu makan satu ubi jalar per hari.

Selain itu, antioksidan di dalam ubi jalar dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas. Antioksidan dapat melawan kerusakan dan menjaga sistem kekebalan tetap kuat. Selain itu, adanya vitamin A pada ubi jalar membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement