Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Manfaat Ubi Bagi Kesehatan Usus Hingga Penglihatan

Rabu 25 Nov 2020 06:00 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Ubi (ilustrasi)

Ubi (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Ubi jalar kaya akan serat hingga antioksidan yang baik bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin tak banyak orang yang melirik ubi jalar sebagai makanan kesukaan atau pengganti karbohidrat. Padahal, ubi jalar mengandung banyak manfaat kesehatan.

“Ubi jalar kaya akan vitamin A, serat, vitamin C, tiamin, dan riboflavin,” kata Ahli Diet bersertifikat, Tracy Lockwood Beckerman, RD, mengutip laman wellandgood, Selasa (24/11).

Beckerman mengatakan, serat dalam ubi jalar menyehatkan usus, dan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Bahkan, ubi jalar bisa dibumbui dengan kayu manis yang membantu menurunkan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga

Tak hanya itu, ubi juga mengandung karotenoid atau sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk penglihatan. Beta karoten yang menghasilkan warna oranye pada ubi berguna untuk mata.

Beta karoten bersama dengan nutrisi lain, seperti vitamin C, E, dan zinc, dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata terkait usia. Kita hanya perlu makan satu ubi jalar per hari.

Selain itu, antioksidan di dalam ubi jalar dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas. Antioksidan dapat melawan kerusakan dan menjaga sistem kekebalan tetap kuat. Selain itu, adanya vitamin A pada ubi jalar membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA