Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Harga Gim PS5 Naik, Lampaui Rp1,2 Juta

Selasa 24 Nov 2020 05:55 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Harga Gim PS5 Naik, Lampaui Rp1,2 Juta. (FOTO: Sony)

Harga Gim PS5 Naik, Lampaui Rp1,2 Juta. (FOTO: Sony)

Harga Gim PS5 Naik, Lampaui Rp1,2 Juta

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Harga video gim untuk konsol PlayStation 5 naik secara global, menyentuh angka jutaan rupiah per gim. Mengapa demikian?

Mengutip The Telegraph, Senin (23/11/2020), harga gim PS5 di Inggris menyentuh angka 70 poundsterling alias melampaui 90 dolar AS (hampir Rp1,3 juta). Sementara di Amerika Utara, harga gim PS5 ada di kisaran Rp990 ribu.

Sebelumnya, harganya masih di bawah 60 dolar AS (sekitar Rp850 ribu). "Jika Anda menghitung jam hiburan dengan video gim, seperti Demon's Souls, daripada bentuk hiburan lain, saya pikir itu merupakan perbandingan yang mudah kita simpulkan," kata CEO Playstation, Jim Ryan, seperti dilansir dari Comic Book.

Baca Juga: Strategi 'Anti-China' Trump Gagal Total, Ekonom: Biden, Setop Perang Teknologi dan Perang Dagang

Baca Juga: Waduh, Ada Dugaan Cacat Hukum dalam Penangkapan Putri Miliarder China Ini, yang Benar?

Sekadar informasi, jika gim Demon's Souls memiliki penjualan baik--dengan harga 70 dolar AS--, maka nominal itu berpotensi bertahan di pasar. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, maka ada peluang penurunan harga.

Bo XBox, Phil Spencer mengatakan, "pasarlah akan menentukan harga, sebab, penggemar yang memutuskan berapa nominal yang mereka mau bayar."

Asal tahu saja, beberapa bulan terakhir, melonjaknya harga perangkat lunak gim generasi berikutnya memang jadi buah bibir. 2K Games menjadi penerbit pertama yang memasang harga 70 dolar AS untuk perangkat lunak NBA 2kK21.

Apa faktor penyebab kenaikan harga itu?

Biaya pengembangan dalam 20 tahun terakhir terus naik, sedangkan mayoritas harga perangkat lunak justru diam di tempat alias stagnan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA