Senin 23 Nov 2020 10:27 WIB

Warga AS akan Mulai Disuntik Vaksin Covid-19 Desember

Warga AS pertama akan mendapat vaksin Covid-19 pada 11 atau 12 Desember

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Ted S. Warren
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON — Kepala program vaksin Amerika Serikat (AS) Moncef Slaoui mengatakan warga Amerika yang ditentukan untuk mendapat gelombang pertama vaksin pencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) akan mulai menerima secepatnya dalam pekan kedua Desember. 

Slaoui mengatakan pemerintah berencana untuk dapat mengirimkan vaksin ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam setelah persetujuan. Dengan demikian, diharapkan warga Amerika pertama akan mulai mendapat imunisasi pada 11 atau 12 Desember mendatang. 

Baca Juga

Dilansir KBS, pekan lalu, perusahaan farmasi Pfizer mengajukan aplikasi ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk otorisasi penggunaan darurat untuk kandidat vaksin Covid-19. Komite penasihat vaksin FDA dijadwalkan untuk bertemu pada 10 Desember. 

Slaoui mengatakan jika diizinkan, vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan itu bisa diluncurkan keesokan harinya. Ia juga mengatakan bahwa dengan tingkat kemanjuran yang telah ditunjukkan pada vaksin Pfizer dan Moderna, yaitu 70 persen dari populasi yang diimunisasi akan memungkinkan terjadinya herd immunity atau kekebalan kawanan sebenarnya.

Jika berhasil demikian, maka kemungkinan pada Mei wabah Covid-19 akan menurun secara signifikan, menyusul banyaknya populasi yang telah memiliki herd immunity. Sebelumnya, penelitian untuk vaksinasi Covid-19 telah dilakukan sangat cepat, di mana kolaborasi antara badan ilmiah dan perusahaan terus berjalan dalam satu tahun terakhir. 

Meski vaksin yang dikembangkan Pfizer diklaim memiliki tingkat kemanjuran hingga 90 persen, namun para pakar mengatakan pemantauan untuk dampak jangka panjang dari imunisasi perlu dilanjutkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement