Senin 23 Nov 2020 10:16 WIB

Mahasiswa UBSI Ciptakan Aplikasi untuk Peneliti Tanaman

Aplikasi ini sangat membantu para peneliti dalam pendataan varietas tanaman.

Aira Elzahra, mahasiswa Prodi  Ilmu Komputer Kampus UBSI Sukabumi berhasil menciptakan aplikasi untuk peneliti tanaman.
Foto: Dok UBSI
Aira Elzahra, mahasiswa Prodi Ilmu Komputer Kampus UBSI Sukabumi berhasil menciptakan aplikasi untuk peneliti tanaman.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Aira Elzahra, mahasiswa semester tujuh Program Studi Ilmu Komputer kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sukabumi berhasil menciptakan sebuah aplikasi untuk membantu para peneliti di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam mengarsipkan varietas tanaman plasma nutfah hasil penelitiannya.

Aplikasi yang diberi nama Balavas (Balittri Arsip Varietas) ini merupakan program komputer berbasis web yang di  dalamnya terdapat semua data arsip varietas yang diinput oleh masing-masing peneliti varietas tanaman plasma nutfah yang ada di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). 

“Program ini dirancang agar masing- masing peneliti tidak akan bisa melihat data varietas peneliti lain selain data peneliti tersebut.  Yang berwenang untuk melihat semua data arsip varietas hanya admin saja. Data arsip ini masih belum bisa di publikasi oleh Balittri karena ada beberapa tanaman bermutu yang dirahasiakan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian tanaman varietas yang bermutu di lahan pertanian varietas Balai Penelitian Industri dan Penyegar,” jelas Aira dalam rilis yang diterima Republika.co,id, Sabtu (21/11). 

Lebih lanjut, Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Dr  Tri Joko Santoso SP, MSi mengungkapkan bahwa aplikasi ini sangat membantu para peneliti dalam pendataan varietas tanaman. 

“Tentunya aplikasi ini sangat bermanfaat bagi peneliti-peneliti kami dalam menunjang pekerjaan. Selain itu aplikasi yang dibuat user friendly sehingga memudahkan peneliti untuk menggunakannya. Ke depannya kami sangat terbuka untuk bekerja  sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika dalam hal penelitian dan penempatan mahasiswa yang ingin PKL maupun KKN,” tuturnya. 

Menanggapi hal ini, Denny Pribadi, selaku Kaprodi Ilmu Komputer, UBSI Kampus Sukabumi  turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar atas kesempatan dan penerimaan yang baik bagi mahasiswanya yang telah melaksanakan PKL di Balittri.

“Semoga ke  depannya semakin banyak mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika, khususnya Program Studi Ilmu Komputer yang dapat mengaplikasikan ilmunya dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Denny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement