Ahad 22 Nov 2020 21:10 WIB

Polda Metro Adakan Rapid Test Gratis Tiga Hari di Petamburan

Rapid test massal pada Ahad (22/11) di Petamburan belum diketahui hasilnya.

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda
Kapolda Metro Jaya Irjenpol Fadil Imran sedang menjawab pertanyaan awak media di SDN 01-03 Petamburan, Jalan Petamburan IV, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Ahad (22/11) sore.
Foto: Republika/Febryan. A
Kapolda Metro Jaya Irjenpol Fadil Imran sedang menjawab pertanyaan awak media di SDN 01-03 Petamburan, Jalan Petamburan IV, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Ahad (22/11) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya akan menggelar rapid test Covid-19 secara massal di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, selama tiga hari. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas munculnya klaster Covid-19 Petamburan karena kerumunan di acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

"Sore ini kami menindaklanjuti laporan Gugus Tugas Covid-19, yaitu sudah terjadi klaster baru, yakni klaster akad nikah Petamburan, klaster Tebet, klaster bandara, dan klaster Megamendung," kata Fadil saat meninjau pelaksanaan tes massal hari pertama di SDN 01-03 Petamburan, Jalan Petamburan IV, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Ahad (22/11) sore.

Baca Juga

Fadil mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya ini bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Petamburan. Kendati demikian, kegiatan ini tidak bersifat wajib, melainkan hanya "imbauan keras".

"(Masyarakat) dibujuk. Jangan diancam-ancam," kata Fadil.

Tes massal selama tiga hari, menurut Fadil, ditargetkan kepada semua masyarakat yang tinggal di Petamburan. Untuk hari ini, pihaknya menyediakan 1.000 alat rapid test.

Setiap warga yang ikut rapid test, menurut Fadil, diberikan bantuan sembako.  Fadil mengatakan, rapid test massal hari ini belum diketahui hasilnya karena masih dalam proses.

"Hasilnya nanti disampaikan Kabid Humas Polda," kata dia.

photo
Anggota kepolisian dengan mengenakan hazmat menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Petamburan III, Jakarta Pusat, Minggu (22/11/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan menyusul adanya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kawasan Petamburan. - (M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO)

Selain rapid test massal, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Petamburan. Penyemprotan juga akan dilakukan selama beberapa hari ke depan.

"Saya sudah sampaikan ke ketua RW, kalau ada warganya mau (rumahnya) disemprot, kami akan semprot. Gratis, tanpa bayar," kata Fadil.

Sebelumnya, pada Sabtu (14/11), HRS menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus pernikahan putrinya di markas FPI, Jalan Petamburan III. Ketika itu ribuan orang hadir. Mereka berkerumun dan sebagian tak menggunakan masker.   

Belakangan, diketahui terdapat tujuh orang yang positif Covid-19 dari klaster Petamburan. Salah satunya adalah Lurah Petamburan Setiyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement