Ahad 22 Nov 2020 20:09 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Sadly Rachman

Aquascape Semakin Digandrungi di Tengah Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki aquarium dengan bentuk dan ikan-ikan yang cantik menjadi hobi yang cukup digandrungi di tengah pandemi. Alhasil terjadi peningkatan minat akan dekorasi aquarium dan ikan hias.

Seperti halnya di toko Aqua Jaya. Pengrajin dekorasi pemandangan dalam akuarium (aquascape) ini alami kenaikan omzet penjualan hingga 100 persen.

Menurut salah satu pengrajin aquascape atau Aquascappare, Fazry, menata tanaman di dalam akuarium di tempatnya sudah terjual dibeberapa daerah di Indonesia. Seperti ke Pulau Jawa, Sulawesi hingga Papua. Bahkan, tak tanggung-tanggung karyanya pun sudah sampai mancanegara.

Fazry menjelaskan, untuk jenis Aquascape sendiri banyak variannya. Diantaranya ada jenis Bonsai, Jungle, Brazilian Style, Diorama, Iwagumi, dan Discus Tank.

Harga dari Aquascape pun bervariatif dimulai dari harga 500 ribu hingga ratusan juta rupiah. Harga dari aquascape tergantung ukuran, model, dan komposisi dari tank itu sendiri.

Ia pun memberikan sedikit tips bila ingin memiliki aquascape. Masyarakat yang akan atau sudah memiliki aquascape harus menikmati proses dan mengikuti prosedurnya.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Video Editor | Fian Firatmaja