Ahad 22 Nov 2020 13:53 WIB

Suga BTS Jelaskan Keputusan Lakukan Operasi Bahu

Sembari memulihkan diri, Suga mengatakan sedang belajar bahasa Inggris

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih
Suga BTS
Foto: EPA
Suga BTS

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Anggota BTS, Suga, mengadakan siaran langsung V Live dan menyapa penggemarnya tentang kondisi pemulihannya pascaoperasi bahu.

“Sekarang jadi jauh lebih baik. Hampir tidak sakit sama sekali sekarang dan rasa sakitnya sudah berkurang banyak,” kata Suga dilansir Soompi, Sabtu (21/11).

Baca Juga

Pada tiga hari pertama setelah operasi, Suga merasa kesakitan. Bahkan, dia mengatakan tak bisa tidur nyenyak, tapi kondisinya jauh lebih baik sekarang. Sembari memulihkan diri, Suga mengatakan sedang belajar bahasa Inggris dan mengerjakan musik.

Suga menceritakan tentang keputusannya menjalani operasi bahu. Awalnya, Suga berpikir sakit di bahunya hanya akibat kecelakaan. Namun seiring berjalannya waktu, rasa sakitnya semakin parah.

“Saya tidak ingin menjalani operasi, tetapi ada saatnya saya memutuskannya. Saya sedang syuting iklan dan saya tidak bisa memegang kaleng sari 500 ml di tangan kiri saya,” ujar dia.

Kemudian, Suga berpikir tak bisa terus hidup seperti itu. Sejak awal tahun, dia mengatakan banyak melakukan olahraga. Karena bahunya sakit, dia mencoba pilates dan berbagai perawatan olahraga lainnya. Saat itu, dia bepikir kondisinya akan baik-baik saja jika dia tak melakukan konser.

“Saya banyak memikirkannya sebelum membuat keputusan (untuk menjalani operasi),” kata dia.

Ketika ditanya tentang apa yang menurutnya paling sulit selama masa pemulihan, Suga merasa hari-harinya terasa lebih lama daripada saat dirinya bekerja. “Saya biasanya punya jadwal kegiatan setiap hari. Sekarang, saya bangun dan bertanya-tanya apa yang harus saya lakukan dan bagaimana saya harus menghabiskan hari itu sehingga terasa berharga. Saya memikirkan hal-hal seperti ini,” ujar dia.

Tentang album baru BTS, BE, Suga mengatakan BTS lebih memilih lagu yang lebih tenang agar bisa didengarkan dalam waktu lama. “Daripada lagu dengan banyak pengaruh, kami memilih lagu yang lebih tenang yang dapat Anda dengarkan untuk waktu yang lama,” kata rapper berusia 27 tahun ini.

Suga memastikan bahwa dirinya segera pulih. “Tolong tunjukkan banyak cinta untuk BE dan saya akan segera kembali,” ujar dia.

BTS merilis album baru mereka BE dan lagu berjudul Life Goes On pada 20 November pukul 14.00 waktu Korea. Suga memberi penampilan kejutan selama siaran langsung comeback BTS, di mana dia meyakinkan penggemar bahwa pemulihannya berjalan dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement