Senin 23 Nov 2020 03:32 WIB

Eks Striker Timnas Italia Pazzini Resmi Gantung Sepatu

Pria berusia 36 tahun itu telah bermain di berbagai klub top Italia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Giampaolo Pazzini
Foto: Luca Bruno/AP Photo
Giampaolo Pazzini

REPUBLIKA.CO.ID, VERONA -- Mantan striker timnas Italia, Giampaolo Pazzini, secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia lapangan hijau pada Ahad (22/11) waktu setempat. Sepanjang kariernya, Pazzini telah banyak berkostum tim elite Serie A Italia dan meraih beberapa trofi.

"Selamat tinggal Calcio," tulis Pazzini dalam akun resmi Instagramnya dilansir Football Italia, Ahad (22/11).

Pria berusia 36 tahun itu telah bermain di berbagai klub top Negeri Spaghetti. Ia mengawali karier muda bersama Atalanta pada 1999 dan masuk ke skuat senior 2003 hingga 2005.

Setelah itu, karier Pazzini semakin bersinar ketika memperkuat Fiorentina pada 2005 hingga 2009 dengan membuat 108 penampilan dan catatan 25 gol.

Pazzini pun merapat bersama Sampdoria dan ketajamannya bersama il Samp semakin matang. Ia pun diangkut Inter Milan pada 2011 hingga 2012, sebelum berlabuh ke AC Milan 2012 dan resmi ke Hellas Verona dan Levante.

"Sudah lebih dari 30 tahun sejak kita bertemu. Saya masih kecil saat pertama kali memegang bola di tangan saya, dan sejak itu bola selalu menjadi teman yang tak terpisahkan bagi saya," tulis Pazzini. "Saya menyaksikan juara hebat di TV dan bersama mereka saya memimpikan seragam biru tim nasional, keajaiban stadion penuh dan Liga Champions, tetapi saya tidak pernah berpikir bahwa suatu hari semua ini akan menjadi kenyataan dan terima kasih kepada Anda, saya bisa hidup dengan begitu banyak emosi."

Il Pazzo, julukan Pazzini, berhasil masuk skuat timnas Italia pada 2009 hingga 2012 dengan total membuat empat gol. Adapun jumlah trofi yang didapat olehnya yakni titel Coppa Italia bersama Inter pada musim 2010/2011.

"Semuanya bahkan lebih indah dari yang saya bayangkan! Tapi sekarang kita telah sampai pada perhitungan dan inilah saatnya untuk membiarkan Anda beristirahat, saya pikir itu benar. Saya akan merindukan semua ini bahkan dalam 20, 30, 40 tahun nanti. Jadi, terima kasih untuk semuanya! Itu adalah perjalanan yang gila."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement