Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Brighton Permalukan Villa di Kandang

Sabtu 21 Nov 2020 23:58 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Pemain Aston Villa, Solly March

Pemain Aston Villa, Solly March

Foto: EPA-EFE/Laurence Griffiths
Brighton menang tipis 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brighton & Hove Albion mencuri tiga poin dalam lawatannya ke Villa Park, pada lanjutan Liga Primer Inggris menghadapi Aston Villa, Sabtu (21/11) WIB. Brighton menang tipis 2-1.

Brighton unggul lebih dulu melalui gol cantik Danny Welbeck. Mantan pemain Manchester United itu lepas dari jebakan offside mencukil bola yang tak mampu terjangkau penjaga gawang Villa.

Villa baru menyamakan kedudukan di awal babak kedua. Umpan matang Betrant Traore mampu dimanfaatkan Ezri Konsa Ngoyo menjadi gol. Usai gol tersebut, Villa intens mengepung pertahanan Brighton.

photo
Pemain Aston Villa - (EPA-EFE/Tim Keeton)
Keasyikan menyerang, Villa justru kejutkan gol Solly March. Tembakan kaki kanan di tengah kotak 16 ke sudut kanan menjebol gawang Villa.

Sepanjang pertandingan, Brigton mampu tampil efektif dengan menjaga tempopermainan. Sementara Villa tampil kesulitan membongkar pertahanan Brighton.

Raihan tiga poin ini tak membuat posisi Brighton beranjak dari posisi ke-16 klasemen sementara Liga Primer Inggris. Sementara Villa berada di posisi ke-6 dengan torahan poin 15.

jalannya laga:

 

Ollie Watkins, yang diplot sebagai penyerang tunggal, ditopang oleh trio gelandang, Jack Grealish, Trezeguet, dan Ross Barkley, menjadi andalan pelatih Villa, Dean Smith, di laga ini. Secara umum, yidak ada banyak perubahan dalam starting line-up Villa, seperti saat menghajar Arsenal, 3-0, dua pekan lalu.

Namun, laga baru berjalan lima menit, Villa sudah kehilangan Barkley. Pemain yang dipinjam dari Chelsea itu mengalami cedera hamstring dan harus digantikan oleh Bertrand Traore. Petaka buat tim tuan rumah ternyata belum berhenti sampai disitu. Lima menit setelah Barkley meninggalkan lapangan, gawang Villa malah kebobolan.

Brighton berhasil memanfaatkan kesalahan Villa, yang menerapkan garis pertahanan yang terlalu tinggi. Lewat sebuah sontekan, Pascal Gross mengirimkan umpan terobosan ke Danny Welbeck. Mantan penyerang Arsenal itu pun langsung merangsek ke kotak penalti Villa, tanpa mendapatkan gangguan dari pemain belakang Villa.

Welbeck pun dengan mudah menaklukan kiper Villa, Emiliano Martinez, dengan sebuah tendangan chip dari dalam kotak penalti. Tim tamu mampu unggul dengan tembakan pertama tepat ke arah gawang di laga ini. Tertinggal satu gol, Villa langsung tancap gas.

Jack Grealish dan kawan-kawan terus menguasai jalannya pertandingan pada sisa babak pertama. Peluang terbaik Villa pada babak pertama didapatkan pada menit ke-40. Grealish melepaskan umpan lambung ke jantung pertahanan The Seagulls. 

Sayangnya, bola hasil sepakan Grealish itu tidak bisa dimanfaatkan oleh Watkins. Sepakan Watkins masih melebar di sisi kiri gawang Brighton. Akhirnya, hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu tidak berubah.

Kala laga memasuki babak kedua, Villa hanya butuh dua menit untuk bisa menyamakan kedudukan. Traore mengeksekusi tendangan bebas di sisi kanan lapangan Brighton. Traore mengarahkan bola ke tiang jauh dan mampu disambut oleh Ezri Kona dengan tendangan first time. Bola pun meluncur deras ke gawang The Seagulls tanpa bisa dihalau kiper Mat Ryan.

Namun, skor imbang ini hanya bertahan kurang dari 10 menit. Adalah tim tamu yang kembali mencetak gol, tepatnya pada menit ke-56. Solly March, yang menerima umpan tarik dari Gross, melepaskan tendangan melengkung dari sisi kanan kotak penalti Villa. Bola bersarang di sebelah kiri atas gawang Villa tanpa bisa dijangkau Martinez. 

Pada menit ke-73, kegagalan Grealish mempertahankan penguasaan bola di depan kotak penalti nyaris berujung gol buat Brighton. Beruntung buat Villa, tendangan Welbeck masih melebar. Sementara saat laga tinggal menyisakan lima menit, giliran Villa yang mendapatkan peluang emas. Namun, bola hasil sepakan Watkins hanya melambung di atas mistar gawang.

Memasuki masa injury time, Brighton harus bermain dengan 10 pemain usai Tariq Lamptey menerima kartu kuning kedua. Pemain sayap berusia 20 tahun itu diganjar kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Grealish. 

Tidak hanya itu, wasit juga sempat menunjuk titik putih dan memberikan hadiah tendangan penalti buat Villa. Pasalnya, March dinilai melakukan pelanggaran terhadap Trezeguet. Namun, setelah melakukan review VAR, wasit menganulir keputusan tersebut dan skor 2-1 pun terus bertahan hingga laga usai. Ini menjadi kemenangan perdana The Seagulls di Villa Park di kompetisi teratas di sepak bola Inggris.

Susunan Pemain:

Aston Villa (4-2-3-1)

Pelatih: Dean Smith

Kiper: Martinez

Belakang: Cash, Konsa, Mings, Targett, 

Tengah: Luiz, McGinn; Grealish, Barkley, Trezeguet

Depan: Watkins

Brighton and Hove Albion (3-4-1-2)

Pelatih: Graham Potter

Kiper: Ryan

Belakang: White, Dunk, Webster

Tengah: Lamptey, Bissouma, Gross, March; Lallana

Depan: Welbeck, Maupay

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA