Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Ambisi dan Semangat Gadis Petinju Palestina

Sabtu 21 Nov 2020 22:11 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Ambisi dan Semangat Gadis Petinju Palestina. Seorang gadis Palestina mengikuti kejuaraan tinju yang jarang di Gaza, Jumat (20/11).

Ambisi dan Semangat Gadis Petinju Palestina. Seorang gadis Palestina mengikuti kejuaraan tinju yang jarang di Gaza, Jumat (20/11).

Foto: Reuters
Jumlah petinju wanita di Gaza meningkat dua kali lipat dalam enam bulan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Gadis-gadis Palestina saling bertukar pukulan. Mereka begitu semangat mengikuti turnamen tinju wanita yang diselenggarakan di sebuah gelanggang tinju yang umumnya populer di kalangan pria di jalur Gaza pada Jumat (20/11). Turnamen itu bahkan menampilkan petinju berusia tujuh tahun yang disaksikan puluhan penonton. 

Salah satu petinju, yakni Hala Ayoub mengatakan ia berharap dengan turnamen itu akan menunjukkan pada orang-orang tinju bukan hanya olahraga pria. "Ambisi saya adalah menjadi petinju terkenal dan mengibarkan bendera Palestina dan bertarung dalam kejuaraan lokal dan internasional. Tinju mengajari saya bagaimana mempertahankan diri, dan bagaimana melepaskan energi buruk," kata Ayoub gadis Palestina berusia 15 tahun seperti dilansir Khaleej Times, Sabtu (21/11).

Jumlah petinju wanita di Gaza meningkat dua kali lipat dalam enam bulan terakhir sejak tim awal dibentuk beranggotakan 18 orang yang semuanya perempuan. Sekarang ada sebanyak 45 atlet.

Baca Juga

Wakil ketua Federasi Tinju Palestina Ali Abdel-Shafi mengatakan beberapa gadis dari kejuaraan itu akan dipilih untuk bergabung dengan tim tinju Palestina dan ambil bagian dalam kompetisi di Kuwait pada Februari tahun depan. Untuk diketahui, setengah dari dua juta penduduk Jalur Gaza adalah wanita.

"Ini adalah kejuaraan pertama yang saya ikuti. Ada ketegangan karena penonton dan kebisingan, tapi saya juga bersemangat," kata Malak Mesleh, petinju berusia 15 tahun. 

https://www.khaleejtimes.com/region/mena/palestinian-girls-compete-in-a-rare-gaza-boxing-contest

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA