Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Wamenag: Sumbar Patut Jadi Juara Umum MTQ

Sabtu 21 Nov 2020 16:44 WIB

Red: Esthi Maharani

Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira

Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Sumbar pantas jadi juara MTQ karena kental dengan nuansa Islami sejak dulu

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan Sumatera Barat sudah patut menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVIII yang baru saja dilaksanakan di Ranah Minang. Menurut Zainut,  Sumbar sudah terkenal dengan falsafahnya Adat basandi Sara' dan Sara' basandi Kitabullah yang menjadikan Alquran sebagai jalan hidup masyarakat.

"Sumbar sudah pantas menjadi juara MTQ. Kita kenal Sumbar begitu kental dengan nuansa Islami sejak dulu," kata Zainut di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Padang, Sabtu (21/11).

Wamenag menyebut Alquran adalah kitab pendidikan terbesar. Umat Islam wajib mempedomani Alquran dalam setiap langkah yang dijalani agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dengan gema MTQ yang mengumandangkan firman Ilahi ia berharap dapat meninggalkan keberkahan bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai motto daerah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Pelaksanaan MTQ seyogyanya kata dia mampu menghadirkan semangat baru dalam pembangunan kehidupan umat Islam di kota Padang, dan Sumbar secara keseluruhan.

Selain itu, Zainut berharap MTQ tidak hanya menjadi ajang melatih dan bertanding membaca, tetapi juga berkompetisi dalam memahami substansi dari ayat-ayat suci Al-Qur'an dengan benar dan tepat. Menurutnya, makna pembacaan Alquran dalam MTQ ini bukan sekadar untuk dipertandingkan, melainkan untuk dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mengembangkan pendidikan Alquran, serta meningkatkan pembangunan di bidang agama, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan budaya yang bermartabat," ucap Zainut.

Zainut sejak kemarin, Jumat (20/11) hadir di Padang untuk penutupan MTQ Nasional ke 28 di Masjid Raya Sumbar. Setelah itu, Wamenag berkunjung ke Kampus UIN IB yang merupakan kampus di bawah Kemenag.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA