Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Juara Umum MTQ, Sumbar Raih Emas di 9 Kategori

Sabtu 21 Nov 2020 16:38 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira

Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Sumbar berhasil menjadi juara umum MTQ setelah merebut emas di 9 kategori.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Sumatera Barat berhasil untuk pertama kalinya keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional. Sumbar juara di rumah sendiri di MTQ Nasional ke 28 yang diselenggarakan sejak Kamis (12/11) sampai Sabtu (21/11). Sumbar berhasil menjadi juara setelah merebut juara di 9 kategori lomba.

"Dewan hakim memutuskan Sumatera Barat menjadi juara umum MTQ Nasional," kata Ketua Dewan Hakim, Roem Rowi, di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Jum'at (20/11) malam.

Adapun 9 kategori lomba yang dijuarai kontingen Sumbar yakni Qari Terbaik Tilawah Anak-Anak, Qari Terbaik Qiraah Mujawwad Dewasa, Qariah Terbaik Qiraah Mujawwad Dewasa, Hafidz Terbaik 5 Juz dan Tilawah, Mufassir Terbaik Bahasa Arab, Mufassirah Terbaik Bahasa Inggris, Regu Terbaik Putra Fahmil Quran, Khaththath Terbaik Putra Golongan Naskah, Khaththathah Terbaik Puteri Golongan Dekorasi. Prestasi kontingen tuan rumah lainnya tersebar sebagai juara II, III, dan harapan.

Sumatera Barat bersaing ketat dengan DKI Jakarta yang merupakan juara umum pada MTQ XXVII tahun 2018 di Medan, Sumatera Utara. Sumatera Barat mengantarkan 23 finalis ke babak final. DKI Jakarta juga mengantarkan 23 finalisnya ke babak final.
 
Di tempat kedua, DKI Jakarta antara lain meraih Qari Terbaik Tilawah Dewasa, Qari Terbaik Qiraat Murattal Dewasa, Hafidz Terbaik 1 Juz dan Tilawah, Hafidzah Terbaik 1 Juz dan Tilawah, Hafidzah Terbaik 5 Juz dan Tilawah, dan Hafidzah Terbaik 30 Juz.

Sedangkan Jawa Timur di peringkat ketiga antara lain meraih: Qariah Terbaik Tilawah Dewasa, Qari Terbaik Tilawah Tuna Netra, Qari Terbaik Qiraah Murattal Remaja, Mufassirah Terbaik Bahasa Arab, dan Mufassir Terbaik Bahasa Inggris.

Total poin yang dikumpulkan Sumbar dalam meraih juara umum ialah 79. DKI Jakarta di urutan dua dengan nilai 73, menyusul Jatim di urutan tiga dengan nilai 51. Berikut peringkat 4 sampai 10 yakni Jawa Barat 47 poin, Kepulauan Riau 26 poin, Sumut 23 poin, Banten 21 poin, Riau 16 poin, NTB 12 poin dan Kalbar 11 poin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA