Sabtu 21 Nov 2020 05:30 WIB

5 Cara Membuat Hati Nyaman di Pagi Hari

Ada saja 'gangguan' yang hadir di pagi hari sehingga membuat hati tak nyaman.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Memulai hari tentunya ingin dengan suasana hati yang nyaman (Foto: ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Memulai hari tentunya ingin dengan suasana hati yang nyaman (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memulai hari tentunya ingin dengan suasana hati yang nyaman. Namun, ada saja 'gangguan' yang biasanya hadir di pagi hari yang membuat suasana hati berubah, menjadi tak nyaman.

Misalnya, bangun pagi karena alarm, atau merasa kurang tidur nyenyak pada malam hari sebelumnya. Namun, 'gangguan' itu bisa diatasi dengan mengatur rutinitas sederhana.

Baca Juga

Berikut lima cara yang membuat hati nyaman ketika bangun di pagi hari, dilansir di laman The Ladders, Jumat (20/11).

1. Bangun satu jam lebih awal

Kita semua menyukai tidur kita, tetapi tak ada salahnya juga kita bangun lebih cepat satu jam dari biasanya. Dengan bangun satu jam lebih awal, kita bisa memanfaatkan waktu selama 60 menit itu untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain.

Dengan bangun satu jam sebelum orang lain di rumah bangun, kita bisa menemukan diri sendiri dan mengembalikan tujuan hidup kita. Lalu, kita bisa tentukan niat untuk hari itu.

Misalnya, apakah kita menggunakan waktu itu untuk berolahraga, bermeditasi, atau menonton acara favorit, memasak, dan lain-lain. Kuncinya adalah kita menghabiskan waktu melakukan hal yang kita inginkan, dan yang membuat kita sukses untuk hari itu.

2. Menggerakan tubuh

Kita tidak perlu wajib menenggak kopi di setiap pagi untuk menambah energi dan semangat kita. Namun, menemukan cara untuk menggerakkan tubuh itu penting.

Menggerakan tubuh, tak hanya membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan membuat otak bergerak, tetapi juga membantu kita bersiap-siap untuk hari itu. Percaya atau tidak, olahraga memberi kita energi lebih banyak dan berdampak lebih lama daripada menenggak kopi.

3. Membuat daftar

Dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang akan kita lakukan pada hari itu, kita bisa memtik manfaatnya. Tidak hanya akan merasa sangat bersemangat setiap kali mencoret sesuatu, tetapi kita bisa memulai hari dengan perasaan terorganisir.

Duduklah selama 10 menit untuk menjadwalkan kegiatan di hari itu. Namun, jika kita melewatkan sesuatu atau menambahkan sesuatu pada saat kegiatan berlangsung, itu pun tidak apa-apa. Menulis jadwal kegiatan dapat membuat kita sedikit lebih teratur, dan membuat pagi hari menjadi lebih lancar.

4. Tuliskan isi pikiran dalam jurnal

Menulis jurnal bisa dilakukan semua orang. Apakah kita senang, sedih, marah, atau gila bersemangat, ada kekuatan untuk meletakkan kata-kata itu di atas kertas.

Jika Anda tidak menyukai penjurnalan atau merasa seperti Anda memiliki blok penulis yang tidak pernah berakhir, Anda bisa mencoba tip ini. Tuliskan lima hal yang Anda syukuri setiap hari.

5. Hadir dan menyadari kondisi saat ini

Dalam menjalani hari, kemungkinan kita akan mengalami sisa hari ini dengan hal-hal yang berdampak buruk pada diri kita. Mungkin orang-orang akan menanyakan hal-hal tentang kita, mengharapkan hal-hal dari kita, dan mengambil energi yang bahkan tidak kita ketahui sebelumnya. Dengan menyadari diri kita di kondisi saat di pagi hari, setidaknya kita memiliki bekal untuk menerima diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement