Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Makanan Asal India Ini Cocok Bagi Pengidap Diabetes

Sabtu 21 Nov 2020 06:07 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Pengidap penyakit kronis diabetes harus sangat memperhatikan menu makanannya (Foto: ilustrasi)

Pengidap penyakit kronis diabetes harus sangat memperhatikan menu makanannya (Foto: ilustrasi)

Foto: Blue Diamond Gallery
Pengidap penyakit kronis diabetes harus sangat memperhatikan menu makanannya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pengidap penyakit kronis diabetes harus sangat memperhatikan menu makanan yang disantap setiap harinya. Tujuannya utamanya adalah mengendalikan kadar gula dalam darah agar sebisa mungkin tetap terkendali.

Rancangan diet untuk pengidap diabetes biasanya memuat banyak buah-buahan dan sayuran. Disarankan untuk menyantap gandum utuh, serta membatasi jumlah konsumsi daging merah dan makanan kemasan atau makanan yang diproses.

Makanan utuh sangat dianjurkan, karena kaya nutrisi dan antioksidan tetapi rendah lemak dan kalori. Sebenarnya, mengidap diabetes atau tidak, prinsip-prinsip demikian tetap baik untuk tubuh dan mencegah kondisi kronis.

Menerapkan diet ala pengidap diabetes juga bisa membantu mengendalikan berat badan. Seseorang dapat mengatur berapa banyak karbohidrat yang diasup, penyebab utama kadar gula darah dapat melonjak dengan cepat.

Bukan berarti pengidap diabetes harus menghindari semua sumber karbohidrat. Ada juga makanan kaya karbohidrat yang memiliki banyak serat, seperti ubi jalar, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain menyehatkan, diet ala pengidap diabetes membuat rencana makan lebih menyenangkan dan memicu berbagai ide kreatif soal makanan. Ada banyak menu khas diabetes yang bisa dijajal, salah satunya menu khas India.

photo
Makanan India (Ilustrasi) - (Health)
Tentunya, ulasan apapun mengenai diet hanyalah pembahasan secara umum. Masing-masing orang disarankan berkonsultasi dengan dokter atau pakar diet berlisensi untuk merancang menu serta pola makan yang cocok untuk kondisi tubuh.

Tips pertama, mulailah hari dengan minum air hangat. Tambahkan perasan lemon untuk membuatnya lebih segar. Alternatif lain, campurkan air dengan rempah fenugreek seed atau kelabat yang ampuh mengendalikan kadar gula darah.

Untuk sarapan, menu India menyarankan semangkuk poha alias bubur gandum. Jika dirasa kurang, bisa juga menambahkan deretan menu lain seperti telur rebus, buah jeruk, selembar roti, dan setengah iris buah alpukat.

Ketika mulai lapar menuju makan siang, minum secangkir teh hijau bersama channa (sejenis kacang Arab) panggang, atau buah seperti apel atau pir. Camilan tersebut bisa menjadi pengganjal sementara hingga makan siang.

Pastikan menyantap makanan dengan porsi cukup saat makan siang. Opsi makanan utamanya yakni roti chapati atau bisa juga sepiring nasi merah. Pendampingnya disarankan terdiri dari sayur-sayuran serta sumber protein.

Lengkapi dengan semangkuk salad atau sabzi, tumisan berbagai macam sayuran khas India. Sebagai lauk, bisa menyantap beberapa potong ayam goreng, ikan goreng, atau menjajal sajian bersantan khas India bernama dal fry.

Sudah lapar sebelum malam menjelang? Coba minum secangkir buttermilk tanpa gula dan garam. Camilan lain, makan jagung rebus bersama minuman teh hijau, atau sukha bhel (campuran kacang, timun, bawang, dan ketumbar).

Untuk makan malam, pilihannya adalah menikmati dua lembar chapati bersama semangkuk sabzi atau semangkuk salad. Sama seperti makan siang, Anda bisa menyantap semangkuk dal, atau 2-3 potong ayam/ikan goreng.

Sebelum benar-benar terlelap, tidak dilarang menyantap kudapan. Coba camilan sehat empat butir kacang almond atau dua butir kenari, lalu tutuplah dengan segelas air hangat, dikutip dari laman Times Now News, Jumat (20/11).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA