Jumat 20 Nov 2020 16:22 WIB

Iriana Jokowi Dorong UMKM Manfaatkan Platform Digital

Iriana mengingatkan agar kualitas produk-produk UMKM dapat lebih ditingkatkan.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Fuji Pratiwi
Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan platform digital
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan platform digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan platform digital yang kini semakin berkembang. Ia mengatakan, pemanfaatan platform digital saat ini sangat menjanjikan bagi milenial.

Sebab, jumlah anak-anak muda di Indonesia saat ini sangat besar dan terbiasa menggunakan teknologi sehingga lebih cepat beradaptasi.

Baca Juga

Pemakaian platform digital bagi UMKM saat ini telah membuka kesempatan yang sangat luas kepada generasi milenial. "Selain juga untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif dan inovatif lebih banyak dan lebih beragam jenisnya," kata Iriana dalam acara Karya Kreatif Indonesia Seri 3 Tahun 2020: UMKM Sahabat Milenial secara virtual, Jumat (20/11).

Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi kaum milenial untuk berwirausaha, membangun dan membesarkan UMKM, serta membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Kendati demikian, Iriana mengingatkan agar kualitas produk-produk UMKM dapat lebih ditingkatkan.

Begitu juga dengan branding, pengemasan, pelayanan, hingga harga produk yang juga perlu diperbaiki sehingga tidak kalah saing dengan produk dari luar negeri. Iriana mengatakan, pemerintah pun memberikan banyak kemudahan melalui program pengembangan kewirausahaan baik oleh Kementerian Lembaga, perbankan, maupun BUMN.

"Kita dorong dan ciptakan budaya enterpreneur di kalangan anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap mendunia, membawa nama produk-produk Indonesia untuk semakin diminati oleh pasar internasional," ujar Iriana.

Ibu Negara pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar turut mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri. Sehingga UMKM di Indonesia dapat lebih berkembang lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement