Jumat 20 Nov 2020 16:04 WIB

Milenial Sumber Kekuatan UMKM Indonesia

Milenial memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha
Bank Indonesia (BI) optimistis generasi milenial Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak UMKM baru atau new UMKM sebagai kekuatan perekonomian Indonesia.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Bank Indonesia (BI) optimistis generasi milenial Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak UMKM baru atau new UMKM sebagai kekuatan perekonomian Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) optimistis generasi milenial Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak UMKM baru atau new UMKM sebagai kekuatan perekonomian Indonesia. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia.

"Milenial yang memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi menjadi sumber dalam penciptaan wirausaha milenial (millenialpreneur) baru yang unggul menuju pasar global," katanya dalam pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III dengan tema “UMKM Sahabat Milenial”, hari ini (20/11) secara virtual.

Baca Juga

Tema Pameran KKI Seri III merupakan harapan sekaligus optimisme terhadap kiprah pelaku wirausaha milenial untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan. Dalam kesempatan acara, Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo menyampaikan karakteristik generasi milenial yang adaptif terhadap teknologi digital dan memiliki jejaring luas di media sosial menjadi potensi bagi milenial untuk berwirausaha.

Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan budaya kewirausahaan bagi generasi milenial Indonesia untuk menciptakan produk UMKM Indonesia agar semakin dikenal di mancanegara. Pada akhirnya ini akan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Pameran KKI merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian dan Lembaga dalam pengembangan UMKM. Pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI di tahun 2020.

Seri I dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2020 bertemakan “Sinergi untuk UMKM Ekspor”, sedangkan KKI Seri II bertemakan “Sinergi untuk UMKM Digital” pada 7-9 Oktober 2020. Selain menghadirkan produk premium kain dan kerajinan unggulan karya UMKM binaan BI melalui platform virtual pada website KKI.

KKI Seri III juga akan menghadirkan dialog kopi, edukasi onboarding, temu bisnis dan konsultasi bisnis, serta pagelaran karya kreatif (fashion show). KKI 2020 Seri III ini diikuti oleh 379 UMKM binaan BI yang terdiri atas 127 pengrajin kain, 75 kerajinan, dan 177 makanan minuman olahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement