Sabtu 21 Nov 2020 05:41 WIB

10 Negara Paling Terdampak Perubahan Iklim (Bagian 2)

Perubahan iklim menyebabkan kenaikan suhu hingga 2 derajat celcius pada 2050.

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Massa yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Untuk Perubahan Iklim Jawa Barat melakukan Aksi Jeda Untuk Iklim di depan Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Jumat (20/9).
Foto: Abdan Syakura
Massa yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Untuk Perubahan Iklim Jawa Barat melakukan Aksi Jeda Untuk Iklim di depan Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Jumat (20/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah laporan baru-baru ini oleh Oxford Economics menemukan bahwa perubahan iklim itu juga diproyeksikan memiliki efek merugikan pada ekonomi global. Perubahan iklim memotong produk domestik bruto global hingga 7,5 persen.

Secara umum, ada negara yang paling parah terkena dampaknya. Berikut ini ulasannya:

Baca Juga

Jerman

Salah satu negara yang lebih mengejutkan yang masuk daftar adalah Jerman. Jerman mengalami tahun terpanas sejak pencatatan dimulai karena gelombang panas yang parah.

Periode antara April dan Juli 2018 adalah yang terpanas yang pernah tercatat di Jerman, dengan suhu hampir 40 derajat Fahrenheit di atas rata-rata. Gelombang panas menyebabkan kematian lebih dari 1.000 orang. Sekitar 8.000 petani diminta untuk meminta bantuan darurat federal senilai sekitar 1,18 miliar dolar AS untuk mengkompensasi kerugian mereka.

Madagaskar

Pada Januari 2018, pulau Madagaskar dilanda Topan Ava, yang membuat pendaratan di bagian timur pulau. Kota-kota dilanda banjir dan bangunan-bangunan runtuh.

Topan Ava kemudian diikuti oleh Topan Eliakim pada bulan Maret yang mempengaruhi lebih dari 15 ribu orang, termasuk 17 kematian dan hampir 6.300 pengungsian sementara. Topan Ava dan Eliakim bersama-sama bertanggung jawab memaksa 70 ribu orang mengungsi.

India

Musim hujan tahunan, yang berlangsung dari Juni hingga September, sangat mempengaruhi India pada tahun 2018, terutama negara bagian Kerala. Saat itu, 324 orang meninggal karena tenggelam atau terkubur dalam tanah longsor yang disebabkan oleh banjir, yang terparah dalam seratus tahun.

Lebih dari 220  ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, dan 20 ribu rumah serta 80 bendungan hancur. Kerusakannya mencapai 2,8 miliar dolar AS.

Sri Lanka

Negara pulau Sri Lanka, tepat di lepas pantai India, mengalami hujan monsun yang parah pada Mei 2018 yang mempengaruhi 20 distrik, terutama pantai selatan dan barat. Provinsi Galle dan Kalutara adalah yang paling terkena dampak, dengan Galle menerima lebih dari 6 inci curah hujan yang turun dalam 24 jam.

Kenya

Hujan musiman mempengaruhi negara-negara Afrika di Kenya dan Rwanda serta negara-negara lain di Afrika Timur. Antara Maret dan Juli 2018, Kenya mengalami curah hujan hampir dua kali lipat dari biasanya pada musim hujan biasa.

Sungai-sungai terpenting di negara itu di dataran tinggi tengah meluap, memengaruhi 40 dari 47 wilayah dan menyebabkan kematian 183 orang, melukai 97 orang dan membuat lebih dari 300 ribu orang mengungsi.

Rwanda

Hujan deras pada Maret 2018 juga memengaruhi Rwanda, menyebabkan banjir di sepanjang Sungai Sebeya. Sekitar 25 ribu orang dari 5.000 rumah tangga terkena dampaknya, dan rumah mereka hancur atau rusak oleh lumpur dan luapan. Banjir memperparah kasus kolera dan mengakibatkan wabah virus chikungunya yang dibawa nyamuk, yang menyebabkan demam, nyeri sendi, dan ruam.

Kanada

Pada 2018 dengan suhu yang sangat dingin -49 derajat Fahrenheit - terendah dalam 100 tahun. Pada Mei lebih dari 4 ribu orang mengungsi karena banjir, yang melanda wilayah selatan British Columbia. Bongkahan salju yang lebat mencair oleh rekor suhu tinggi di bulan April, menyebabkan sungai meluap.

Wilayah yang sama mengalami musim kebakaran hutan terburuk dalam catatan. Peristiwa ini mengakibatkan evakuasi 16.000 orang, saat 2.117 kebakaran hutan terjadi di wilayah tersebut dan menyebabkan langit penuh asap di Kanada barat, membuat kualitas udara di antara yang terburuk di dunia.

Fiji

Pulau Fiji menderita dampak tiga siklon antara Februari dan April 2018. Topan Gita, dengan puncak angin berkelanjutan 78 mil per jam menyebabkan kerugian lebih dari 1 juta dolar AS dan mengevakuasi 288 orang.

Dua minggu kemudian, Topan Josie dan banjir besar yang mengikutinya menewaskan delapan orang. Lebih dari 2.000 orang mengungsi. Keni adalah topan terakhir musim ini, yang menghantam pada bulan April dan mempengaruhi wilayah Kadavu sebagai siklon tropis kategori 3. Hampir 9.000 orang harus meninggalkan rumah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement