Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

‘Mengapa India tak Protes Pria Hindu Nikahi Muslimah?'

Jumat 20 Nov 2020 14:35 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Pernikahan pria Muslim dengan wanita Hindu memicu polemik di India. Ilustrasi nikah

Pernikahan pria Muslim dengan wanita Hindu memicu polemik di India. Ilustrasi nikah

Foto: Pixabay
Pernikahan pria Muslim dengan wanita Hindu memicu polemik di India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Dokter sekaligus penulis yang berbasis di New Delhi, Dr  Javed Jamil mempertanyakan hukum yang menentang "Love Jihad", dibandingkan "Love Dhayamyudh".

Dia menjelaskan, Love Jihad merupakan istilah yang digunakan sayap kanan untuk menggambarkan hubungan antaragama yakni seorang pria Muslim dan seorang wanita Hindu. 

Baca Juga

Pada Februari tahun ini, pemerintah memberi tahu Parlemen bahwa tidak ada definisi istilah tersebut, dan tidak ada kasus serupa yang dilaporkan  lembaga. 

"Karnataka, anggota Dewan, dan beberapa pemerintah negara bagian lainnya juga sibuk membawa undang-undang yang menentang "Love Jihad". Pertanyaannya adalah, Mengapa semua menteri utama dan aktivis kehinduan ini hanya mengajukan hukum yang melarang “Love Jihad” dan mengapa tidak menentang “Love Dharamyudh”?," kata Jamil, dilansir dari laman Milligazette pada Jumat (20/11).

"Mengapa mereka hanya khawatir tentang anak laki-laki Muslim yang menikahi gadis-gadis Hindu, dan mengapa tidak tentang anak laki-laki Hindu yang menikahi gadis-gadis Muslim? Apakah ada rencana jahat di balik ini? Dengan populasi anak perempuan yang menurun drastis di antara bayi yang baru lahir di berbagai negara bagian, apakah mereka berencana untuk meluncurkan "Love Dharamyudh" di masa depan setelah memastikan bahwa "Love Jihad" dilarang?," paparnya.

Mengutip Ketua Menteri Uttar Pradesh (UP), Yogi Adityanath dalam sebuah laporan Hindustan Times mengatakan, "Pengadilan tinggi Allahabad telah mengatakan bahwa untuk pernikahan, tidak perlu mengubah agama. Pemerintah juga telah memutuskan untuk memeriksa 'Love Jihad' dengan sekuat tenaga. Sebuah hukum yang efektif akan dibuat yang akan memastikan bahwa mereka yang menipu wanita yang mudah tertipu dengan menyembunyikan identitas mereka akan ditangani secara efektif," kata Adityanath.

Jamil mengisahkan, dahulu saat dia baru saja menyelesaikan sekolah kedokteran, salah satu teman terdekatnya, seorang Brahamin, jatuh cinta dengan seorang perawat Muslim. Dan sekarang mereka sudah menikah selama lebih dari dua dekade.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA