Jumat 20 Nov 2020 12:43 WIB

Iriana Jokowi Ajak Milenial Berwirausaha

Iriana juga mengajak seluruh UMKM agar memanfaatkan platform digital.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nidia Zuraya
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (20/10/2019).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (20/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Iriana Joko Widodo mengajak generasi milenial mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ia mengatakan, pemerintah pun mendorong tumbuhnya UMKM dengan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mengikuti program pengembangan kewirausahaan UMKM yang diselenggarakan oleh kementerian lembaga, perbankan, dan juga BUMN.

Hal ini disampaikan Iriana saat memberikan sambutannya secara virtual dalam acara Karya Kreatif Indonesia Seri 3 Tahun 2020: UMKM Sahabat Milenial, Jumat (20/11).

Baca Juga

“Kesempatan yang sangat terbuka lebar, pemerintah memberi banyak kemudahan, kementerian lembaga, BI, perbankan, BUMN, dan lain-lain memiliki banyak program pengembangan kewirausahaan, UMKM, termasuk untuk kaum milenial yang memiliki gagasan dan karya-karya yang kreatif dan inovatif,” kata Iriana.

Ia mengajak agar berbagai pihak menciptakan budaya kewirausahaan di kalangan anak-anak muda sebagi kekuatan perekonomian baru. Diharapkan UMKM Tanah Air pun dapat semakin bersaing dengan produk dari negara lainnya dan semakin diminati di pasar internasional.

Karena itu, Iriana mengajak seluruh masyarakat agar mencintai dan menggunakan produk-produk Indonesia sehingga juga dpat mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah krisis ekonomi saat ini.

“Mari kita cintai produk-produk Indonesia, kita dukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bergotong royong mengembangkan produk-produk Indonesia, membeli dan bangga menggunakan produk-produk Indonesia,” ujar dia.

Untuk mengembangkan wirausaha, Iriana mengajak seluruh UMKM agar memanfaatkan platform digital. Pemanfaatan platform digital ini menjanjikan bagi kalangan milenial saat ini.

Selain itu, Iriana juga mendorong agar kualitas produk-produk dalam negeri semakin ditingkatkan, baik dari segi branding, packing, pelayanan, dan juga harga. “Agar tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari negara lain,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement