Jumat 20 Nov 2020 12:25 WIB

10 Momen Penting Penentu Gelar Juara F1 Hamilton (Bag.2)

'Bangkit' jadi kata yang mengiringi keberhasilan Hamilton musim ini.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pembalap Formula Satu Inggris Lewis Hamilton dari Mercedes-AMG Petronas merayakan kemenangan setelah memenangkan perlombaan dan Kejuaraan Formula Satu ke-7 di Grand Formula Satu Turki 2020 di sirkuit Intercity Istanbul Park, Istanbul, Turki, 15 November 2020.
Foto: EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
Pembalap Formula Satu Inggris Lewis Hamilton dari Mercedes-AMG Petronas merayakan kemenangan setelah memenangkan perlombaan dan Kejuaraan Formula Satu ke-7 di Grand Formula Satu Turki 2020 di sirkuit Intercity Istanbul Park, Istanbul, Turki, 15 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran Formula Satu (F1) musim 2020 sudah memastikan titel juara untuk pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton. Walaupun masih tersisa tiga seri balap, tidak ada peserta lain yang mampu mengejar torehan poin Hamilton di klasemen. 

Hamilton mengunci gelar dunia ketujuhnya di GP Turki, Ahad (15/11) lalu. Lintasan yang basah karena hujan tidak menghalangi pembalap asal Inggris itu memenangkan 10 dari 14 balapan musim 2020. 

Ia kini sudah mengimbangi rekor milik Michael Schumacher sebagai pembalap dengan trofi juara terbanyak sepanjang masa. Laman Crash pada Kamis (19/11) merangkum 10 momen penentu juara Hamilton:

 

6. Kebangkitan di Mugello

 

Setelah tumbang di sirkuit Monza, Hamilton tidak main-main di GP Tuskania. Ia berhasil merebut pole position dari Bottas. 

Hamilton berhasil lolos dari kecelakaan yang melibatkan Verstappen di tengah balapan. Dengan cepat, ia berhasil menyelesaikan lomba di peringkat pertama. 

7. (Lagi-lagi) Sanksi untuk Hamilton

Walaupun membukukan lima pole position berurut-urut, Hamilton harus rela mendapat hukuman penalti di GP Rusia.

Momen yang dimanfaatkan Bottas untuk merebut peringkat terdepan membuat Hamilton harus puas berada di posisi ketiga. 

 

8. Finis Tipis di Nurburgring

Kegagalan Bottas untuk menyelesaikan balapan menyisakan persaingan ketat di antara Hamilton dan Verstappen. 

 

Saling pepet kedua penggawa Mercedes dan Red Bull itu begitu ketat. Hingga di akhir balapan, Rossi berhasil menang hanya dengan jarak waktu kurang dari satu detik. 

 

9. Hamilton Membayang-bayangi Schumacher

Hamilton menyabet pole position ertamanya di sirkuit Portimao meski arena sempat diguyur hujan. Bersaing dengan Bottas, Hamilton berhasil melangkah lebih dekat untuk mendekati rekor milik Schumacher dengan memenangi balapan tersebut. 

 

10. Menuju Langkah Penentu Hamilton

Bottas cukup membuat Hamilton kerepotan di Emilia-Rogmana, dua pekan lalu karena mengawali balapan dari pole position.

Meski demikian, Hamilton berhasil menyalip rekan setimnya hingga meninggalkan Bottas dengan interval lima detik. Keluar sebagai juara, Hamilton hanya butuh satu kemenangan di GP Turki, sepekan berikutnya untuk memastikan diri sebagai juara.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement