Kamis 19 Nov 2020 17:54 WIB

Satgas Soroti 5 Daerah Betah di Zona Merah Covid-19

Lima daerah berada di zona merah Covid-19 selama 3 pekan berturut

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: BPIP
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan, terdapat 28 kabupaten kota yang masuk ke dalam zona merah atau kawasan risiko tinggi pada pekan ini. Namun, lima kabupaten kota menjadi sorotan utama karena berada di zona merah selama beberapa pekan tanpa ada perubahan.  

Kelima daerah tersebut yakni Pemalang (Jawa Tengah) berada di zona merah selama 3 pekan berturut-turut, Kutai Timur (Kalimantan Timur) selama 3 pekan berturut-turut, Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur) selama 4 pekan berturut-turut, Kota Bandar Lampung (Lampung) selama 5 pekan berturut-turut, dan Pati (Jawa Tengah) selama 11 pekan berturut-turut.

Baca Juga

“Mohon bantuan gubernur, wali kota, dan bupati betul-betul memperhatikan kondisi ini,” kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/11).

Wiku mengingatkan agar pemerintah daerah dan masyarakat di daerah tersebut tidak lengah dan membiarkan kondisi ini terus menerus. Menurut dia, jika suatu daerah berada di zona merah selama berpekan-pekan lamanya menunjukan pemerintah dan masyarakat yang sudah mulai lengah.

Ia pun meminta daerah meningkatkan pemeriksaan, pelacakan, dan perawatan serta memaksimalkan layanan kesehatan pasien Covid. Sehingga, kasus aktif dan kasus kematian dapat menurun.

“Jangan biarkan daerah anda menjadi sumber utama penularan. Pastikan juga protokol kesehatan dilakukan secara disiplin oleh masyarakat,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement