Kamis 19 Nov 2020 12:46 WIB

Gojek Dipercaya Pemprov DKI Jalankan Uji Emisi Kendaraan

Gojek menjadi perusahaan pertama dunia yang meluncurkan fitur penyerapan jejak karbon

Ilustrasi aplikai Gojek.  Gojek menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang dilibatkan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan uji emisi kendaraan bermotor.
Foto: gojek.com
Ilustrasi aplikai Gojek. Gojek menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang dilibatkan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan uji emisi kendaraan bermotor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gojek menegaskan kembali komitmen untuk beroperasi dengan prinsip ramah lingkungan, dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjalankan uji emisi bagi kendaraan mitra-mitra driver-nya. Gojek menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang dilibatkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

VP Public Policy and Government Relations Gojek, Gautama Adi Kusuma, menyambut baik kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam memfasilitasi mitra-mitra driver Gojek untuk dapat melakukan uji emisi kendaraan. Hal ini menjadi bentuk dukungan Gojek terhadap program Jakarta Langit Biru yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga

Ia menyatakan, hal itu sejalan dengan inisiatif #GoGreener yang merupakan wujud nyata atas komitmen Gojek dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Sejak awal, Gojek telah menjalankan berbagai inisiatif untuk mendorong upaya-upaya menjaga lingkungan. Di bawah payung #GoGreener yang diluncurkan tahun lalu, Gojek mengintegrasikan prinsip-prinsip sustainability dalam berbagai produk dan layanan, guna memudahkan semua orang di dalam ekosistem Gojek untuk menjalankan gaya hidup peduli lingkungan sehari-sehari," kata Gautama Adi Kusuma dalam siaran pers, Kamis (19/11).

Sebelumnya, Gojek menjadi perusahaan pertama di dunia yang meluncurkan fitur penyerapan jejak karbon secara business-to-consumer di industri ride-hailing.

GoGreener Carbon Offset di dalam aplikasi Gojek memudahkan pengguna secara sukarela menyerap jejak karbon (carbon footprint) yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, melalui penanaman pohon di berbagai wilayah konservasi di Indonesia sesuai pilihan pengguna, salah satunya Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Dalam layanan transportasi, Gojek telah memulai uji coba penggunaan kendaraan listrik melalui kerjasama dengan berbagai pihak seperti Astra Honda Motor, Gesits, Niu, Viar, Toyota dan Mitsubishi.

Gojek juga telah meluncurkan fitur GoTransit sebagai bagian dari komitmen Gojek untuk meningkatkan kualitas udara, dengan menyediakan layanan transportasi yang terintegrasi dengan transportasi massal, sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Sementara di layanan pengantaran makanan, inisiatif #GoGreener memberikan pilihan bagi konsumen untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai.

Melalui inovasi tersebut, hingga Oktober 2020, Gojek berhasil menghindari terciptanya 11,3 ton sampah plastik sekali pakai.

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Syaripudin, mengapresiasi langkah Gojek sebagai pemain di industri yang terdepan dalam menjalankan inisiatif ramah lingkungan.

“Lewat berbagai inovasinya, Gojek menunjukkan langkah nyata dalam memfasilitasi masyarakat untuk bisa memiliki gaya hidup ramah lingkungan. Maka dari itu, untuk turut menyukseskan program Jakarta Langit Biru, kami mengajak Gojek untuk terlibat dalam kegiatan uji emisi kendaraan bermotor. Dimulai dari 100 kendaraan mitra driver, kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut," kata Syaripudin.

Manfaat uji emisi

Melalui kegiatan uji emisi kendaraan bermotor, masyarakat, termasuk mitra-mitra driver Gojek dapat mengetahui dan berupaya menjaga kualitas gas buang pada kendaraannya, agar sesuai dengan ambang batas yang telah ditetapkan pemerintah.

Uji emisi juga bermanfaat untuk mengukur kualitas mesin dari setiap kendaraan, sehingga secara jangka panjang dapat berkontribusi pada efisiensi penggunaan bahan bakar dan pengendalian emisi yang diciptakan.

“Gojek senantiasa mendukung kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas udara, salah satunya dengan mengedukasi mitra-mitra kami mengenai kegiatan uji emisi, serta mencari cara agar uji emisi dapat dengan mudah dilakukan bagi Mitra Gojek.” kata Adi.

“Hal ini penting mengingat uji emisi juga merupakan bagian dari upaya preventif untuk menjaga kualitas mesin kendaraan mereka. Harapannya, upaya baik dari Pemerintah ini bisa disambut bersama-sama oleh seluruh pihak demi mewujudkan lingkungan yang terjaga, khususnya kualitas udara yang layak bagi semua,” tutur Adi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement