Rabu 18 Nov 2020 14:45 WIB

Instagram akan Tambahkan Pencarian dengan Kata Kunci

Instagram akan menentukan konten mana yang disajikan dalam pencarian kata kunci.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: flickr
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Selama ini kita baru bisa mencari  Instagram menggunakan tagar dan nama akun, tapi pencarian seperti itu sepertinya akan berakhir. Perusahaan mengumumkan mereka menambahkan dukungan untuk pencarian kata kunci.

Fitur ini pertama kali diluncurkan untuk pengguna berbahasa Inggris di beberapa negara. Masih belum jelas kapan penelusuran kata kunci akan meluas ke wilayah dan bahasa lain.

Baca Juga

Dilansir dari Slash Gear, Rabu (18/11), hingga saat ini, pengguna Instagram hanya dapat mencari konten menggunakan tagar. Hal ini kadang mempersulit untuk membidik gambar dan video yang diinginkan oleh pengguna.

Penelusuran kata kunci berpotensi memunculkan gambar yang tidak diberi tagar atau hanya menggunakan tag yang tidak jelas. Ini menjadi suatu keuntungan bagi pengguna dan pembuat.

Jika, misalnya, pengguna ingin melihat gambar ‘kucing’, mereka dapat menelusuri dengan kata kunci tersebut alih-alih menelusuri sekumpulan tagar yang berbeda untuk menelusuri konten. Tetapi, bagaimana Instagram akan mengidentifikasi konten yang diungkapkannya, masih menjadi misteri saat ini.

Perusahaan mengkonfirmasi kepada The Verge, bahwa mereka akan menggunakan banyak faktor untuk menentukan konten mana yang disajikan dalam pencarian kata kunci, termasuk keterangan yang digunakan pada konten tersebut. Pembelajaran mesin akan dimanfaatkan untuk mendorong konten berkualitas tinggi ke hasil teratas.

Sepertinya Instagram berencana membatasi pencarian kata kunci untuk istilah tertentu. Juru bicara perusahaan mencatat bahwa pengguna akan dapat mencari ‘topik minat umum’ dan kata kunci lain yang tidak melanggar pedomannya, Pencarian kata kunci ini akan hadir di AS, Kanada, Inggris dan banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement