Rabu 18 Nov 2020 06:49 WIB

Kota Depok Optimalkan 60 Kolam Pembibitan Benih Ikan

Pembenihan ikan dapat terjadi jika didukung oleh sarana dan prasarana yang baik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja merawat kolam penyaring untuk pembibitan ikan (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pekerja merawat kolam penyaring untuk pembibitan ikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok berupaya mengoptimalkan 60 kolam ikan yang ada untuk memproduksi ikan. Hal itu dilakukan agar ketersediaan ikan di Kota Depok, Jawa Barat, tetap terjamin.

Kepala BBI Kota Depok Nur Hidayat, mengatakan, puluhan kolam tersebut dibagi dalam tiga kalompok, yakni pemijahan, pembenihan dan pendederan. Menurut dia, pembenihan ini dapat terjadi jika didukung oleh sarana dan prasarana yang baik.

"Untuk itu, upaya perawatan kolam maupun benih, terus kita optimalkan," ujar Nur dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (17/11).

Menurut Nur, kolam berada di atas lahan seluas dua hektare. Untuk kolam pembenihan sendiri, bisa berisi ratusan benih ikan.

"Kalau untuk jumlah pastinya, kita tidak bisa prediksi karena fluktuatif, mengingat setiap pagi, kami selalu mengambil benih nila. Sedangkan untuk lele, tergantung permintaan. Jika ada permohonan, baru kita suntik indukannya," terang Nur.

Dia menjelaskan, penyaluran benih lebih banyak diserahkan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan). Selain itu, ada juga elemen masyarakat yang mengajukan pemohonan benih, untuk kegiatan penebaran benih di situ.

"Selama pandemi Covid-19, tidak ada penurunan permintaan secara signifikan. Semua berjalan stabil dan Insha Allah kami akan tetap melayani permohonan benih untuk masyarakat Kota Depok,” ucap Nur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement