Selasa 17 Nov 2020 20:07 WIB

Alfamart-SiCepat Fasilitas Pengiriman Barang Lewat WhatsApp

Dengan WhatsApp pengguna SiCepat bisa drop paket lebih dari 900 toko Alfamart

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Calon pembeli melintas di depan rak penyimpanan minuman kemasan kecil di salah satu gerai Alfamart, (ilustrasi).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Calon pembeli melintas di depan rak penyimpanan minuman kemasan kecil di salah satu gerai Alfamart, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan jasa ekspedisi, SiCepat Ekspres memperluas jaringan SiCepat Point yang bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart sebagai partner drop point B2B Retail SiCepat Ekspres. Adapun kerja sama ini untuk mempermudah jangkauan layanan SiCepat terutama di wilayah Jabodetabek.

Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres Indonesia Wiwin Dewi Herawati mengatakan perluasan jaringan distribusi point pick up dan drop paket sebelumnya telah dilakukan SiCepat Ekspres Indonesia sejak awal 2020. Penambahan jaringan ini ditandai dengan melakukan kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero), Fastpay, dan Sentral Cargo.

“Dengan menggunakan WhatsApp Business, pengguna layanan SiCepat Ekspres dapat melakukan drop paket lebih dari 900 toko Alfamart yang tersebar di Jabodetabek,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (17/11).

Menurutnya kerja sama ini juga sebagai respon pengguna layanan SiCepat Ekspres yang jumlahnya meningkat menjadi tiga juta sellers pada kuartal ketiga 2020, dan diprediksi kuartal pertama 2021 meningkat sebesar 10 persen. Adapun kerja sama ini karena Alfamart telah menjadi brand yang sudah melekat masyarakat dengan ekspansi toko yang telah merata khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Kerja sama yang dilakukan juga sebagai strategi SiCepat pada semester dua ini untuk mencapai target pengiriman dua juta per hari pada tahun depan,” ucapnya.

Sementara Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh menambahkan tujuan dari kerja sama ini sebagai bentuk kepuasan konsumen, memberi kemudahan sekaligus memberikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.  

“Dengan memanfaatkan toko Alfamart, proses drop paket barang lebih mudah dilakukan tanpa harus ke gerai pengiriman. Dengan begitu masyarakat semakin dimudahkan,” ucapnya.

Chief Executive Officer (CEO) PT Telefast Indonesia Tbk Jody Hedrian mengatakan PT Logitek Digital Nusantara (LDN) anak perusahaan PT Telefast Indonesia Tbk menyediakan sistem teknologi untuk pemesanan, pelacakan, dan pembayaran jasa pengiriman paket dalam kerja sama antara SiCepat Ekspres dan Alfamart

“Untuk menggunakan layanan pengiriman/drop paket melalui Alfamart, pengirim melakukan registrasi terlebih dahulu melalui Whatsapp Business nomor +62811-1062-8888 dan pengguna akan diarahkan untuk memilih toko Alfamart terdekat yang kemudian akan diproses oleh Kasir Alfamart, setelah itu paket akan dijemput oleh petugas SiCepat Ekspres,” jelasnya.

Nantinya, Jody menyebut konsumen akan mendapatkan promo potongan harga sebesar 30 persen untuk pengiriman ke seluruh area pulau Jawa dengan layanan SIUNTUNG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement