Selasa 17 Nov 2020 17:00 WIB

Marcus Rashford Berencana Luncurkan Buku untuk Anak-Anak

Marcus Rashford berharap anak-anak mendapat akses setara untuk membaca.

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko
Reaksi Marcus Rashford dari Manchester United saat pertandingan Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, 04 Oktober 2020.
Foto: EPA-EFE/Oli Scarff
Reaksi Marcus Rashford dari Manchester United saat pertandingan Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, 04 Oktober 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Striker Manchester United (MU), Marcus Rashford berencana meluncurkan buku dalam waktu dekat. Ia berharap anak-anak mendapat akses setara untuk membaca tanpa memandang kelas sosial.

Rashford bekerjasama dengan Macmillan Children's Books (MCB) untuk mempromosikan gerakan literasi di lingkup anak-anak dalam seluruh kelas sosial dan ekonomi. 

Baca Juga

Pemain berusia 23 tahun itu tidak ingin anak-anak kurang mampu tidak memiliki akses membaca karena keluarga mereka lebih memilih mengutamakan hal lain. Rashford sadar, keadaan ekonomi yang berbeda-beda membuat banyak orang cenderung membeli makanan daripada buku. 

"Bayangkan jika anak-anak berada di lapangan yang sama. Bayangkan kita semua berada di level yang sama. Bayangkan anak-anak dapat bangun dan mewujudkan mimpi mereka. Bayangkan apa yang bisa mereka lakukan terhadap negerinya," tulis Rashford dalam akun Twitter pribadinya, Selasa (17/11). 

Buku pertama dengan judul 'You Are A Champion: Unlock Yout Potential, Find Your Voice And Be The BEST You Can Be' akan diluncurkan pada Mei 2021 dengan sasaran remaja berusia 11-16 tahun. 

Buku non-fiksi tersebut merupakan gambaran kehidupan pribadi Rashford dengan topik edukasi, mentalitas positif, budaya, dan perempuan berdaya.  Jurnalis The Athletic, Carl Anka akan menjadi penulis buku tersebut. Ia akan dibantu oleh seorang psikologis, Katie Warriner. 

Buku kedua dan ketiga dengan target anak-anak berusia 7 tahun ke atas juga akan diluncurkan pada 2021 dan 2022. 

Rashford menyampaikan, ada sekitar 38 ribu anak-anak di Inggris yang tidak mampu membeli buku. Dengan aksi yang ia lakukan, Rashford berharap akses terhadap buku bisa terbuka lebih luas. 

"Saya baru memulai baca buku pada usia 17 tahun. Itu sangat mengubah cara pandang dan mental. Saya berharap bisa memberi kesempatan lebih besar untuk anak-anak agar bisa membaca buku," ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement