Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Mengenal Aplikasi MuslimPro dan Muslim Mingle

Selasa 17 Nov 2020 14:10 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

Google Maps.

Google Maps.

Foto: The Verge
Militer AS dikabarkan membeli data lokasi pengguna dari MuslimPro dan Muslim Mingle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Militer AS dikabarkan membeli data lokasi jutaan Muslim dari seluruh dunia dari aplikasi Muslim Pro dan Muslim Minge. Apa sih dua aplikasi itu?

Aplikasi Muslim Pro adalah salah satu aplikasi yang mempermudah ibadah. Aplikasi Muslim Pro dikenal senagai aplikasi waktu sholat dan azan. Muslim Pro juga menampilkan Alquran lengkap dengan aksara Arab, terjemahan dan bacaan audio.

Aplikasi MuslimPro memiliki beberapa fitur utama. Fitur-fitur tersebut antara lain informasi waktu sholat akurat, dihitung berdasarkan lokasi pengguna saat ini dengan beberapa pengaturan yang tersedia.

Ada pula fitur Adzan dengan beberapa suara muadzin yang dapat dipilih, waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadan. Fitur ini memudahkan Muslim utamanya ketika menjalankan ibadah puasa.

Fitur utama lainnya adalah Alquran dengan resitasi audio (mp3), fonetik, dan terjemahan. Ada juga lalu Tajwid berwarna guna membantu pengguna menyempurnakan pelafalan saat membaca Alquran.

Selain itu, ada juga tasbih digital, komunitas, lokasi rumah makan halal dan masjid, kompas kiblat dan peta yang menunjukkan arah Makkah, kalender hijriyah, 99 nama Allah SWT, Hisn'ul Muslim (kumpulan doa dan permohonan) hingga kartu ucapan islami.

Aplikasi dan Alquran sepenuhnya telah diterjemahkan ke 16 bahasa, beberapa di antaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Bahasa Jerman, Bahasa Inggris.

Muslim Pro merupakan aplikasi yang banyak digunakan, dengan lebih dari 50 juta pengguna. Para pengguna banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui waktu sholat dan membaca alquran.

Menurut salah satu pengguna, Muhammad Rafik, aplikasi ini sangat membantu umat Islam. "Semenjak saya punya aplikasi ini saya tepat waktu sholat dan baca Alquran," kata Rafik dalam rating pengguna di PlayStore.

Sementara itu, aplikasi Muslim Mingle adalah aplikasi sosial media yang banyak direkomendasikan ketika seorang muslim ingin brikhtiar menemukan jodoh. Aplikasi ini mengklaim menyediakan lingkungan yang aman bagi Muslim untuk mencari teman atau pasangan di seluruh dunia.

Baca Juga

Fitur-fitur dalam aplikasi ini mirip dengan aplikasi media sosial. Muslim Mingle menyediakan jutaan profil dengan foto dan video, ruang obrolan sosial grup, pengiriman pesan gratis dengan foto, video, dan audio,
lihat anggota yang sedang online di sekitar.

Kemudian fitur lainnya seperti fitur sukai seseorang dengan diam-diam dan lihat apakah ia balas menyukai Anda. Ada juga fitur Jumpai orang lain dengan minat yang serupa, dan cara gratis untuk menemukan teman baru dan pasangan baru.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur premium yang mengharuskan untuk membayar biaya langganan. Fitur-fitur di akun premium antara lain, 'Lihat siapa yang diam-diam menyukai Anda', 'Laporan Pesan Dibaca: Ketahui saat seseorang membaca pesan Anda', 'Boost: tampil pertama untuk semua pasangan potensial', 'Filter lanjutan: cari berdasarkan negara dan rentang usia', serta tanpa iklan.

Namun, Muslim Mingle tampaknya kurang memiliki reputasi yang bagus di antara para penggunanya. Banyaknya iklan dan mahalnya biaya akun premium menjadi kritik utama di antara pengguna.

Selain itu, lebih banyak pengguna dari luar negeri dibandingkan Indonesia. "Kenapa banyak yang muncul orang luar ya," kata salah satu pengguna bernama Nabila.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA