Selasa 17 Nov 2020 14:17 WIB

Menlu AS Pompeo Berkunjung ke Istanbul

Menlu AS Mike Pompeo melakukan kunjungan luar negeri ke 7 negara hingga 23 November

Red: Nur Aini
Menlu AS Mike Pompeo
Menlu AS Mike Pompeo

 

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Senin (16/11) tiba di kota metropolitan Turki, Istanbul dalam program kunjungannya ke tujuh negara antara 13-23 November.

Baca Juga

Minggu lalu, Menlu Mike Pompeo mengumumkan dirinya akan berangkat ke Prancis, dan kemudian mengunjungi Turki, Georgia, Israel, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

"Topik pembicaraan akan berbeda-beda di setiap negara, (dengan) banyak hal berbeda untuk dibahas, tetapi saya yakin banyak dari mereka akan fokus pada upaya bersejarah pemerintahan ini untuk menempa perdamaian dan kerja sama di seluruh Timur Tengah," ungkap Pompeo.

"Setelah Paris, Pompeo akan bertolak ke Istanbul, Turki untuk bertemu dengan Patriark Ekumenis Konstantinopel, Bartholomew I, guna membahas masalah-masalah agama di Turki dan kawasan, dan untuk mempromosikan pendirian kuat kami soal kebebasan beragama di seluruh dunia," kata pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS.

Kemudian Turki mengkritik AS karena menyampaikan kekhawatiran "atas masalah agama" menjelang kunjungan Pompeo ke Istanbul.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/menlu-as-pompeo-berkunjung-ke-istanbul/2046087
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement