Selasa 17 Nov 2020 11:25 WIB

Indonesia Diecast Expo Kembali Hadir

IDE 2020 digelar pada 29 November hingga 3 Desember 2020. 

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Penggemar mobil miniatur (diecast) menyusun mobil bersama diorama saat mengikuti kompetisi
Foto: Antara/Septianda Perdana
Penggemar mobil miniatur (diecast) menyusun mobil bersama diorama saat mengikuti kompetisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Diecast merupakan salah satu hobi yang erat kaitanya dengan para pecinta otomotif. Benda yang tergolong dalam toys atau mainan tersebut kerap jadi sarana penyaluran minat seseorang terhadap mobil tertentu atau pada inovasi dan modifikasi tertentu.

Tingginya minat hobi diecast di Indonesia pun direspons dengan hadirnya Indonesia Diecast Expo (IDE). Akhir tahun ini, ajang tahunan itu pun akan kembali menyapa para pecinta diecast lewat konsep acara yang unik.

Baca Juga

CEO IDE 2020, Vero Sahetapy mengatakan, kali ini IDE akan menyapa lewat event hybrid karena hadir lewat jalur online dan offline. “Ini adalah wujud inovasi dan adaptasi yang kami lakukan dalam menyelenggarakan kegiatan selama masa pandemi,” kata Vero dalam konferensi pers IDE 2020 pada Senin (16/11).

Dengan konsep ini, artinya para pecinta diecast dapat berburu diecast incaran sembari menikmati konten menarik dalam IDE 2020. Konsep hybrid ini pun membuat kegiatan dapat tetap digelar dengan nyaman dan aman sesuai protokol kesehatan.

IDE 2020 digelar pada 29 November hingga 3 Desember 2020. Gelaran yang memasuki tahun ketujuh itu pun menggandeng Tokopedia sebagai official platform marketplace dan Hot Wheels Indonesia.

Public Relations IDE 2020, Wahyu Prabowo mengatakan, salah satu program utama dalam IDE kali ini adalah Toys Crazy Sale (TCS). Melalui TCS, IDE dan Tokopedia beserta merchant yang berpartisipasi dalam program ini akan menghadirkan penawaran menarik bagi pecinta diecast dan mainan di seluruh Tanah Air.

“IDE 2020 tidak hanya menghadirkan ajang jual beli, kami juga akan mengadakan Live Talks yang merupakan program talk show lewar Tokopedia Live dengan menghadirkan influencer di dunia diecast,” kata Wahyu.

Selain itu, IDE 2020 juga akan menyajikan kompetisi balap lewat IDE Live Race Competition. Menariknya, ajang balap ini akan disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Soal bintang tamu, pecinta diecast kali ini akan dimanjakan lewat kehadiran desainer Hot Wheels asal Amerika Serikat, Phil Riehlman. Pada tahun ini, IDE bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia untuk mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman.

Lewat program temu virtual ini, setiap peserta yang mendaftar akan mendapatkan dua buah special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Setiap peserta juga berhak mendapatkan sign sheet yang akan langsung ditandatangani oleh Phil.

Dengan seluruh sajian tersebut, ia pun optimistis kegiatan ini akan mampu menyerap banyak atensi para pecinta diecast. Apalagi, konsep hybrid ini membuat IDE 2020 dapat dinikmati oleh pecinta diecast di manapun.

“Jika tahun-tahun sebelumnya IDE yang digelar secara offline mancatata jumlah visitor sekitar 13 ribu orang, maka pada IDE kali ini yang dapat dinikmati lewat Tokopedia Play, kami menargetkan jumlah visitor lebih dari 250 ribu orang,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement