Selasa 17 Nov 2020 05:50 WIB

TASK Hidayatullah Kirim Bantuan ke Posko Pengungsian Merapi

Selain bantuan makanan, para pengungsi  butuh bimbingan spiritual.

TASK Hidayatullah mendirikan posko bersama untuk membantu para pengungsi Merapi.
Foto: Dok BMH
TASK Hidayatullah mendirikan posko bersama untuk membantu para pengungsi Merapi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ratusan pengungsi yang berada di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta  sampai saat ini masih tetap bertahan. 

Para pengungsi akibat erupsi Gunung Merapi tersebut terdiri dari lansia, difabel, anak-anak, ibu mengandung dan menyusui. Mereka berasal dari padukuhan Kalitengah Lor, Cangkringan yang menjadi wilayah Katagori Rawan Bencana (KRB).

Untuk membantu masyarakat yang berada di barak pengungsian, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Yogyakarta dan SAR Hidayatullah yang tergabung dalam naungan TASK Hidayatullah menyalurkan bantuan, Senin (16/11)  sore.

Syai'in Kodir selaku kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Yogyakarta mengungkapkan, bantuan yang disalurkan oleh lembaganya berupa kebutuhan pokok untuk pengungsi.

"Setelah sebelumnya kami lakukan kegiatan trauma healing untuk anak-anak, kali ini kami kirim sembako dan popok untuk lansia dan bayi," terang Syai'in dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
TASK Hidayatullah memberikan trauma healing kepada lansia pengungsi Merapi, Yogyakarta.  (Foto: Dok BMH)

Ia menambahkan, lembaganya bersama SAR Hidayatullah juga membuat posko bersama yang berada di Jl. Kaliurang Km. 11,5 Ngaglik, Sleman.

"Untuk memaksimalkan kegiatan kami dalam membantu masyarakat akibat perkembangan status Merapi, kami mendirikan  posko bersama. Nantinya posko tersebut untuk melakukan koordinasi antar relawan dan juga untuk lokasi persediaan logistik bantuan warga," ungkapnya.

Sementara itu, koordinator lapangan TASK Hidayatullah, M  Fauzan mengatakan, setelah beberapa hari bertemu dan berkomunikasi langsung dengan para pengungsi, selain bantuan makanan, mereka juga membutuhkan bimbingan spiritual.

"Program bimbingan rohani bagi pengungsi yang beragama Muslim insyaAllah menjadi agenda lanjutan kami. Dalam program tersebut kami datangkan para ustadz ke barak pengungsian untuk menguatkan mental dan iman para pengungsi," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement